Tak Cetak Gol, Messi Belum Kejar Rekor Legenda Argentina

oleh Sisbrianto Guntar diperbarui 08 Jun 2015, 10:14 WIB
(Kiri-kanan) Luis Suarez, Lionel Messi dan Neymar da Silva berpose bersama usai laga final Liga Champions 2014-2015 di Olympiastadion, Berlin, Minggu (7/6/2015). Barcelona kandaskan Juventus dengan skor 3-1. (AFP Photo/Patrik Stollarz)

Bola.com, Jakarta - Alfredo Di Stefano, adalah legenda bagi sepakbola Argentina maupun Spanyol. Sama seperti Lionel Messi. Akan tetapi di Liga Champions, Di Stefano memiliki satu rekor yang tampaknya masih jauh untuk disaingi sang bintang Barcelona. Apakah rekor Di Stefano?

Well.. Di Stefano adalah mantan penyerang Timnas Argentina dan Real Madrid era 1953-1964. Ia mampu membawa Los Blancos meraih lima gelar Liga Champions, yakni musim 1956, 1957, 1958, 1959, dan 1960. Di Stefano mencetak gol dalam kelima final Liga Champions tersebut sehingga Madrid memenangkan titel Eropanya. Inilah rekor yang belum disamai Messi.

Advertisement

Messi memang telah membawa empat gelar Liga Champions bagi Barcelona, namun La Pulga baru mencetak gol kemenangan di dua partai final saja, yakni final 2009 dan 2011. Dalam final musim ini, Messi tak membuahkan satu gol pun.

Pada final 2009, Barcelona menghadapi Manchseter United di Stadion Olimpico, Roma. Saat itu Messi mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 Blaugrana. Selain memenangkan final Liga Champions, satu gol sumbangan La Pulga juga membawa Barca meraih gelar treble nya untuk yang pertama kali.

Lionel Messi dalam Final Liga Champions 2008/09 menghadapi Manchester United di Stadion Olimpico, Roma. EPA/DANIEL DAL

Partai final ulangan terjadi di final 2011. Barcelona kembali menghadapi Tim Setan Merah, tapi kini sang lawan mendapat sedikit keuntungan karena laga puncak dihelat di Inggris-Stadion Wembley, London. Messi kembali membukukan satu gol dalam kemenangan 3-1 atas the Devils sekaligus menjadikan Messi pemain terbaik dan top scorer Liga Champions 2010/11 dengan 12 gol.

Lionel Messi dalam final Liga Champions 2010/11 menghadapi Manchester United pada 28 Mei 2011. EPA/LINDSEY PARNABY

Akan tetapi Messi tidak sendirian dalam mengejar rekor Di Stefano. Adalah seteru abadinya di La Liga Spanyol, Cristiano Ronaldo, yang menjadi pesaing. Ronaldo juga telah menyuguhkan dua trofi Liga Champions lewat sumbangan golnya.

Ronaldo ada di final Liga Champions musim 2008, kala itu ia masih membela Manchester United. Menghadapi Chelsea di Stadion Luzhniki, Moskow, Ronaldo mencetak satu gol. Sayang, The Blues berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa laga berlanjut ke adu penalti. Namun beruntung bagi Setan Merah mampu menang dengan skor 6-5.

Cristiano Ronaldo membela Manchester United dalam final Liga Champions 2007/08 menghadapai Chelsea 21 Mei 2008. EPA/SERGEI CHIRIKOV

Sang bintang Portugal kembali mengukir kemenangan di final Liga Champions pada 2014. Saat itu Ronaldo telah berseragam Real Madrid. Ia mencetak gol penutup kemenangan 4-1 El Real atas Atletico Madrid di babak kedua tambahan waktu. Gol tersebut mengantar Ronaldo menjadi top scorer Liga Champions 2013/14 dengan 17 gol sekaligus menjadi pemain terbaik.

Cristiano Ronaldo menghadapi Atletico Madrid di Final Liga Champions musim 2013/14, Luz stadium di Lisbon, Portugal, 24 Mei 2014. EPA/JOSE COELHO

Mengingat Messi dan Ronaldo masih berada di usia produktif, maka tidak menutup kemungkinan kedua pemain ini mengungguli rekor Di Stefano. Yah, kita lihat saja!

Baca Juga:

Rekor Neymar Warnai Pesta Barcelona

Terus Ukir Rekor Personal, Ronaldo Tetap Jadi Bahan Guyonan

Ukir Hat-trick, Ronaldo Kalahkan Rekor Messi