F1 GP Bahrain: Rio Haryanto Dua Kali Diungguli Rekan Setim

oleh Erwin Fitriansyah diperbarui 03 Apr 2016, 10:15 WIB
Rio Haryanto, ketinggalan dengan selisih waktu mencapai dua detik dalam sesi kualifikasi dari rekan setimnya Manor Racing di F1 GP Bahrain. (EPA)

Bola.com, Manama - Buat Rio Haryanto yang bergabung dengan tim F1 Manor Racing, perjuangannya di ajang F1 GP bukanlah hal yang mudah. Jangankan meraih tempat di podium, bisa mendapatkan poin saja sudah merupakan hal yang spesial buat pebalap tim Manor Racing. 

Advertisement

Untuk mendapatkan poin minimal, yaitu satu poin, pebalap harus bisa masuk finis di urutan 10 saat lomba. Harus diakui, keberadaan tim Manor Racing yang merupakan tim papan bawah membuat Rio tak mudah untuk bersaing, sekalipun dengan pebalap yang bergabung dengan tim papan tengah.

Hanya saja, tetap ada tolok ukur yang bisa dipakai untuk mengukur perkembangan yang dicapai Rio. Cara yang paling mudah adalah dengan membandingkan Rio dengan rekan setimnya, Pascal Wehrlein.

Hingga sejauh ini, jika tolok ukurnya adalah hasil lomba dan kualifikasi, Rio masih kalah dari rekan setimnya asal Jerman itu. Wehrlein mampu unggul di lomba GP Australia, serta yang terbaru di kualifikasi GP Bahrain.

Saat lomba di GP Australia, Wehrlein finis di urutan 16, sementara Rio gagal finis akibat mesin mobilnya rusak. Meski tercatat masuk finis di urutan 16, Wehrlein adalah pebalap terakhir yang sukses finis lantaran enam pebalap lainnya, termasuk Rio, tak bisa menyelesaikan balapan karena berbagai macam problem.

Wehrlein kembali mengungguli Rio pada sesi kualifikasi GP Bahrain. Kali ini pebalap berusia 21 tahun itu menempati urutan 16 dengan catatan 1 menit 32,806 detik. Ia unggul dari Rio yang menempati urutan 21 dengan waktu 1 menit 34,190 detik.

Tak hanya menang cepat dari Rio, kali ini Wehrlein juga mengungguli Marcus Ericsson (Sauber), Sergio Perez (Force India), Kevin Magnussen (Renault), Jolyon Palmer (Renault) dan Felipe Nasr (Sauber).

Satu-satunya kemenangan Rio atas Wehrlein diraih pada sesi kualifikasi GP Australia. Kala itu Rio menempati posisi 21 dengan waktu 1 menit 29,627. Sementara Wehrlein ada di urutan 22 alias posisi buncit dengan waktu 1 menit 29,642 detik.

Hanya saja, saat start Rio tetap harus berada di belakang Wehrlein karena menerima hukuman penalti usai insiden tabrakan dengan Romain Grosjean pada sesi latihan bebas tiga.

Rio Haryanto akan berduel lagi dengan Wehrlein dalam lomba F1 GP Bahrain yang digelar di sirkuit Sakhir, Minggu (3/4/2016). Jika melihat selisih waktu saat kualifikasi yang mencapai dua detik antara kedua pebalap, tugas berat akan dihadapi Rio dalam lomba.

Hasil GP Australia
Kualifikasi:
Rio Haryanto (21) 1 menit 29,627 detik
Pascal Wehrlein (22) 1 menit 29,642 detik
Lomba:
Pascal Wehrlein (finis 16)
Rio Haryanto (gagal finis)

Hasil GP Bahrain
Kualifikasi:
Pascal Wehrlein (16) 1 menit 32,806 detik
Rio Haryanto (21) 1 menit 34,190 detik
Lomba: ?