F1 GP Hungaria: Hamilton Raih Kemenangan ke-5, Rio Posisi Buncit

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 24 Jul 2016, 20:53 WIB
Pebalap Manor Racing, Rio Haryanto, finis di posisi ke-22 pada balapan F1 GP Hungaria, Minggu (24/7/2016). (Manor Racing)

Bola.com, Budapest - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, meraih kemenangan kelima di ajang F1 musim 2016 setelah finis tercepat pada balapan GP Hungaria, di Sirkuit Hungaroring, Minggu (24/7/2016). Dia berhasil mengalahkan rekan setimnya sekaligus rival terberatnya dalam perburuan juara dunia F1 2016, Nico Rosberg, yang harus puas finis di urutan kedua, dengan selisih 1,9 detik.  

Sementara itu, pebalap Indonesia yang memperkuat Manor Racing, Rio Haryanto, gagal membuat kejutan berarti. Pria asal Solo, Jawa Tengah itu, finis paling belakang alias posisi ke-21. Adapun rekan setimnya, Pascal Wehrlein, tampil lebih impresif dengan finis di urutan ke-19.  

Advertisement

Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan kelimanya musim ini. Jumlah kemenangan ini sama dengan koleksi seterunya, Nico Rosberg. Tambahan 25 poin juga mengantar Hamilton mengambil alih posisi puncak klasemen sementara pebalap, menggeser Rosberg. Pebalap asal Inggris tersebut hanya unggul enam poin atas rekan setimnya tersebut. 

Posisi ketiga pada balapan ini diisi oleh pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang mengalahkan driver Ferarri, Sebastian Vettel yang finis tepat di belakangnya. Adapun persaingan Red Bull-Ferrari dalam perebutan posisi kelima dimenangi Max Verstappen, yang mengungguli pebalap senior, Kimi Raikkonen. 

Jalannya Balapan 

Pada lap pertama, Lewis Hamilton yang start dari posisi kedua, mampu menyodok ke posisi pertama, menggeser Rosberg yang menempati pole. 

Memasuki lap kelima, duo Mercedes tersebut masih memimpin di depan, diikuti dua pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Hamilton sudah membuka gap 1,4 detik atas Rosberg dan unggul 3,462 detik atas Ricciardo. Sementara itu, Rio yang start ke-22 (namun akhirnya maju satu grid karena Marcus Ericsson start dari grip sebagai sanksi atas pergantian mesin), merangsek ke-20, mengungguli Ericsson dan Jenson Button. Rekan setimnya, Wehrlein, tampil impresif merangsek ke posisi ke-16. 

Tak banyak kejadian menarik hingga lap ke-35. Posisi pebalap, terutama di kelompok depan, tak berubah signifikan. Hamilton dan Rosberg masih beriringan di depan. Namun, posisi ketiga yang sebelumnya ditempati Ricciardo, diambil alih oleh pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Ricciardo turun ke urutan kelima, sedangkan Verstappen menempati posisi keempat.

Di kelompok belakang, Rio gagal mempertahankan poisisnya. Dia melorot ke urutan buncit, di belakang Felipe Massa dan Button. Wehrlein juga melorot dua setrip ke posisi ke-18.

Pada lap ke-57, Hamilton terganggu oleh traffic di lintasan. Akibatnya, Rosberg mampu memperkecil gap menjadi 0,6 detik. Di sisi lain, Esteban Gutierrez terkena penalti lima detik karena mengabaikan bendera biru di pit lane. 

Di lintasan, terjadi benturan ringan antara mobil Kimi Raikkonen dan Max Verstappen yang sedang melaju di posisi kelima dan keenam. Insiden ini membuat kepingan sayap depan mobil Raikkonen pecah. Namun, pebalap Finlandia tersebut tak perlu masuk pit untuk melakukan perbaikan. Raikkonen tetap kompetitif untuk bersaing dengan Verstappen. 

Pada lap ke-60, Ricciardo kembali bisa mengambil alih posisi ketiga, sedangkan Vettel di urutan keempat. Rio Haryanto masih tercecer di urutan ke-22, namun jauh tertinggal dari pebalap di depannya, Ericsson. Wehrlein yang sempat berada di posisi ke-18, lagi-lagi melorot. Kali ini dia menempati urutan ke-20.  Hingga lap ke-70 tak ada kejadian signifikan, kecuali pertarungan sengit antara Verstappen dan Raikkonen untuk memperebutkan posisi ke-5. Adapun pada balapan ini hanya satu pebalap yang gagal finis, yaitu Jenson Button. 

Hasil GP Hungaria, Minggu (24/7/2016)
(Pebalap—Tim—Catatan Waktu)

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 jam 40 menit 30,115 detik
2. Nico Rosberg (Mercedes) +1,9 detik
3. Daniel Ricciardo (Red Bull) +27,5 detik
4. Sebastian Vettel (Ferrari) +28,2 detik
5. Max Verstappen (Red Bull) +48,6 detik
6. Kimi Raikkonen (Ferrari) +49,0 detik
7. Fernando Alonso (McLaren) +1 lap
8. Carlos Sainz (Toro Rosso) +1 lap
9. Valtteri Bottas (Williams) +1 lap
10. Nico Hulkenberg (Force India) +1 lap
11. Sergio Perez (Force India) +1 lap
12. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap
13. Esteban Gutierrez (Haas) +1 lap
14. Romain Grosjean (Haas) +1 lap
15. Kevin Magnussen (Renault) +1 laps
16. Daniil Kvyat (Toro Rosso) +1 lap
17. Felipe Nasr (Sauber) +1 lap
18. Felipe Massa (Williams) +2 lap
19. Pascal Wehrlein (Manor) +2 lap
20. Marcus Ericsson (Sauber) +2 lap
21. Rio Haryanto (Manor) +2 lap