Tanpa Pemain Papua, Timnas Dinilai Tak Mencerminkan Wajah Indonesia

oleh Gatot Susetyo diperbarui 24 Nov 2018, 10:45 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Bagas Adi, menggiring bola saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (21/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Filipina. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Kegagalan Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2018 terus mendapat kritikan. Kini yang jadi bahan pergunjingan adalah materi pemain yang dipanggil Bima Sakti berbaju lambang Garuda di dada.

Dari total 23 pemain yang membela Merah Putih, tak satu pun berasal dari Papua. Bek Barito Putera Rony Beroperay pun melontarkan pendapat pribadinya.

Advertisement

"Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke. Saya sebagai pemain asal Papua, saya anggap timnas tak mencerminkan wajah Indonesia. Saya merasa ikut prihatin," kata Rony Beroperay.

Padahal, banyak pemain berdarah Papua yang bermain di klub-klub Liga 1 dan pantas membela Tanah Airnya di Piala AFF.

"Tim pelatih bisa memilih dan menyeleksi pemain-pemain Papua itu. Tinggal posisi mana yang dibutuhkan untuk mengisi kekurangan di timnas," tutur Rony.

Sebagai anak bangsa merupakan kebanggaan bila bisa bermain di Timnas Indonesia.

"Menurut pendapat pribadi saya, timnas ini hanya setengah Indonesia karena tak ada pemain asal Papua. Daerah ini punya banyak pemain berbakat," ujarnya.

Bila dibandingkan pada Piala AFF 2016, Timnas Indonesia yang dilatih Alfred Riedl memiliki dua pemain Papua, yakni Rudolof Yanto Basna dan Boaz Solossa.

Berita Terkait