Liga Inggris: Bungkam Liverpool di Anfield, Ilkay Gundogan Sebut Manchester City Pantas Menang

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 08 Feb 2021, 10:15 WIB
Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan (kiri) melakukan selebrasi bersama Bernardo Silva usai mencetak gol pertama timnya ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-23 di Anfield Stadium, Minggu (7/2/2021). Manchester City menang 4-1 atas Liverpool. (AFP/Jon Super/Pool)

Bola.com, Liverpool - Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya membantu timnya menang telak 4-1 atas Liverpool dalam laga pekan ke-23 Premier League di Anfield, Senin (8/2/2021) dini hari WIB. Gundogan menegaskan timnya memang pantas meraih tiga poin tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, Ilkay Gundogan berhasil mempersembahkan dua dari total empat gol yang dicetak Manchester City. Bahkan ia sebenarnya memiliki peluang untuk menciptakan hattrick seandainya eksekusi penalti yang dilakukannya berhasil pada babak pertama.

Advertisement

Kendati demikian, Gundogan merasa sangat gembira karena Manchester City berhasil meraih kemenangan. Menurutnya, tiga poin di Anfield memang pantas menjadi milik The Citizens jika melihat performa di atas lapangan hijau.

"Saya sangat gembira kami memenangkan pertandingan. Kami pantas mendapatkannya karena kami bermain luar biasa, terutama pada babak kedua," tegas Gundogan kepada BBC Radio 5 Live.

"Kami tampil sangat baik, dan terlepas dari penalti, mereka tidak punya peluang untuk mencetak sebuah gol pun. Kami mengalirkan bola dengan baik. Kami pantas mendapatkan gol-gol tersebut dan secara keseluruhan ini adalah performa yang luar biasa," tegas gelandang Manchester City asal Jerman itu.

Video

2 dari 3 halaman

Kegagalan Mengeksekusi Penalti dan Keberhasilan Mencetak 2 Gol

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan (kedua dari kiri) kecewa usai gagal mencetak gol dari eksekusi penalti ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-23 di Anfield Stadium, Minggu (7/2/2021). Manchester City menang 4-1 atas Liverpool. (AFP/Jon Super/Pool)

Ilkay Gundogan jelas menjadi satu di antara pemain yang menjadi bintang pertandingan di Anfield. Meski sempat gagal mengeksekusi penalti pada babak pertama, dua gol yang diciptakannya pada babak kedua membuktikan sang pemain mampu membayar kesalahannya dengan sangat baik.

Mengenai kegagalan penalti tersebut, Ilkay Gundogan mengaku bersyukur karena tidak kehilangan kepercayaan diri. Berkat kemauannya untuk tetap berusaha tampil apik, ia berhasil menebus kesalahannya itu dengan mencetak dua gol untuk Manchester City.

"Saya perlu menegaskan bahwa kegagalan penalti selalu menjadi sesuatu yang buruk, terutama pada awal pertandingan. Selalu ada bahaya akan turunnya kepercayaan diri," ujar Gundogan.

"Namun, setelah gagal saya mencoba untuk melakukan hal-hal sesederhana mungkin. Jangan terganggu oleh penalti dan mencoba untuk tetap maju dan membantu tim untuk menang. Itu berjalan baik," lanjutnya.

Dua gol menjadi penebusan yang luar biasa dari Gundogan atas kegagalannya mengeksekusi penalti. Ia mengaku lega, tapi lebih dari itu ia merasa bersyukur timnya bisa meraih kemenangan.

"Mungkin saya beruntung bisa berada di tempat yang tepat. Namun, saya selalu mencoba untuk berada di sana ketika saya merasa ada bahaya di depan gawang. Saya gembira dengan gol-gol tersebut, tapi lebih gembira karena hasil pertandingan dan cara kami bermain," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Belum Memastikan Juara

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Inggris, Senin (8/2/2021). Gundogan mencetak dua gol dan mengantar City menang atas Liverpool 4-1. (AP photo/Jon Super, Pool)

Pertandingan antara Liverpool kontra Manchester City di Anfield ini disebut-sebut sebagai arena untuk menentukan akhir dari persaingan untuk menjadi juara Premier League pada akhir musim. Namun, Gundogan menegaskan kemenangan besar Manchester City di Anfield tidak kemudian membuat gelar juara menjadi milik mereka.

Gundogan menegaskan Manchester City masih memiliki banyak pertandingan yang harus dihadapi. Harapannya, semua pertandingan bisa dijalani dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik demi bisa mengakhiri musim sebagai yang terbaik.

"Kami belum memilikinya, kami perlu tetap rendah hati. Kami tahu kami perlu terus memperlihatkan performa seperti itu dalam setiap laga, baik ketika bertandang ke markas Liverpool atau menjamu Sheffield United, termasuk ketika pertandingan berjalan ketat," ujar Gundogan.

"Setiap pertandingan memiliki karakter dan tantangannya sendiri. Namun, kami perlu tetap memandang setiap pertandingan itu penting. Ini bisa menjadi musim yang sangat bagus bagi kami," lanjutnya.

Sumber: BBC Radio 5 Live, BBC Sport

Berita Terkait