Syarat Barcelona dan Liverpool Lolos ke Perempat Final Liga Champions

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 10 Mar 2021, 20:45 WIB
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Mohamed Salah ke gawang RB Leipzig dalam leg pertama 16 besar Liga Champions yang digelar di Puskas Arena, Budapest, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB. Liverpool menang 2-0 atas RB Leipzig. (ATTILA KISBENEDEK / AFP)

Bola.com, Jakarta - Barcelona dan Liverpool menghadapi tantangan yang berbeda pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/2021, Kamis (10/3/2021) dini hari WIB. Liverpool punya peluang besar lolos ke perempat final, sedangkan Barcelona harus bekerja keras dan berharap bantuan keajaiban. 

Nasib berbeda kedua tim tak lepas dari hasil yang dicatatkan pada leg pertama. Barcelona tanpa diduga hancur lebur di kandang sendiri saat meladeni Paris Saint-Germain.

Advertisement

El Barca tanpa ampun dipermak dengan skor 1-4. Skor itu jelas jadi pukulan besar bagi Barcelona.

Di sisi lain, Liverpool mulus melewati leg pertama. Tim besutan Jurgen Klopp berhasil mengalahkan RB Leipzig dengan skor 2-0. 

Artinya, Liverpool bahkan akan lolos ke babak perempat final jika menang atau imbang kontra Leipzig. Bahkan, kalah pun The Reds masih bisa lolos. 

Asalkan kalah hanya dengan skor 0-1, maka Liverpool tetap melenggang ke babak delapan besar Liga Champions. Namun, jika RB Leipzig menang dengan skor 3-1 atau lebih, maka mereka yang akan lolos karena menciptakan gol tandang lebih banyak. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Cara Barcelona Melenggang ke Perempat Final

Para pemain Barcelona merayakan gol kedua ke gawang Sevilla yang dicetak bek Gerard Pique dalam laga leg kedua semifinal Copa Del Rey 2020/21 di Camp Nou Stadium, Rabu (3/3/2021). Barcelona menang 3-0 melalui extra time dan lolos ke babak final. (AP/Joan Monfort)

Di sisi lain, misi Barcelona sangat berat. Barca harus menang dengan selisih empat gol di Paris jika ingin melangkah ke perempat final. 

Tentu saja, menang dengan selisih empat gol di kandang lawan bukan perkara mudah. Apalagi, PSG tampil solid pada leg pertama di Camp Nou. 

Barcelona juga bisa lolos dengan kemenangan berselisih tiga gol, asalkan mencetak gol tandang lebih banyak. Artinya, Barca harus menang dengan skor 5-2, 6-3, dan seterusnya. 

Mampukah Barcelona menciptakan keajaiban? 

Sumber: UEFA 

Berita Terkait