Frets Butuan, Solusi Cemerlang Lini Serang Persib di Piala Menpora 2021

oleh Erwin Snaz diperbarui 10 Apr 2021, 04:45 WIB
Pemain Persib Bandung: Frets Butuan. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Bandung - Frets Butuan kini menjadi sosok yang cukup diandalkan oleh Persib Bandung, terutama setelah tampil cemerlang dalam Piala Menpora 2021.

Ketika Persib Bandung tidak memiliki begitu banyak pilihan di lin idepan, terutama setelah Geoffrey Castillion dipinjamkan ke klub Serie C Italia, Como 1907, dan Wander Luiz, Ezra Walian, serta Ferdinand Sinaga belum bisa dimaksimalkan bermain penuh karena bergabung belakangan dalam persiapan tim jelang turnamen.

Advertisement

Kondisi tersebut membuat pelatih Persib, Robert Alberts, lebih mengandalkan pemain sayap, termasuk Frets Butuan. Pilihan itu berbuah manis untuk Persib dan Frets sendiri.

Dalam laga perdana Grup D Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Frets Butuan sukses menyelamatkan Persib dari kekalahan dan laga berakhir imbang 1-1.

Ketika Persib menang 3-1 atas Persita Tangerang di pertandingan kedua, Frets Butuan kembali mendapatkan kepercayaan dari Robert Alberts. Kepercayaan itu kembali dibuktikan oleh Frets dengan ikut menyumbangkan gol.

Pemain kelahiran Ternate, 4 Juni 1996, itu untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak milik Persib Bandung di Piala Menpora 2021.

Video

2 dari 2 halaman

Berawal dari PSMS, Kini Mulai Cemerlang Bersama Persib

Gelandang PSMS Medan, Frets Butuan, berebut bola dengan gelandang PS Tira, Manahati Lestusen, pada laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Rabu (5/12). PSMS kalah 2-4 dari PS Tira. (Bola.com/Yoppy Renato)

Frets Butuan mulai dikenal publik sepak bola Indonesia ketika bermain untuk PSMS Medan. Kecepatan, Kelincahan, dan keberaniannya menusuk dari sisi sayap jantung pertahanan lawan menjadi ciri khas pemain yang juga tercatat sebagai prajurit TNI itu.

Aksi ciamik yang diperlihatkan Frets bersama PSMS ketika itu membuat Persib tertarik mendatangkannya. Ia tampil membela PSMS selama 2.098 menit dan berhasil mencetak 6 gol.

Musim 2019, Frets pun resmi menjadi kekuatan Persib. Namun, dalam mengawali kariernya bersama Maung Bandung, Frets belum terlihat menonjol. Ia tampil selama 945 menit dan mencetak 3 gol.

Dua pemain Persib Bandung, Wander Luiz (kiri) dan Frets Butuan kanan ketika melawan Persita Tangerang pada partai kedua Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar Harun).

Memasuki musim 2020, pemain bernomor punggung 21 di Persib ini baru tampil selama 114 menit karena Liga 1 2020 dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Kini Frets kerap menjadi andalan, maklum pemain sayap kiri ini lambat laun makin memperlihatkan kemampuannya bersama Persib. Hampir sama dengan Febri Hariyadi, berani menusuk jantung pertahanan lawan dengan kecepatannya.

Terkadang, pemain dengan tinggi 167 cm ini mampu menempatkan posisi untuk menjebol gawang lawan. Tidak heran, untuk persiapan babak 8 besar Piala Menpora ini, Robert Alberts kembali memboyongnya ke Sleman untuk persiapan melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021).