Tokyo Verdy dengan Senang Hati Lepas Pratama Arhan ke Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

oleh Hery Kurniawan diperbarui 27 Mei 2022, 21:30 WIB
Foto Pratama Arhan dalam sebuah sesi latihan bersama Tokyo Verdy. (dok. Tokyo Verdy)

Bola.com, Jakarta - Pratama Arhan kembali dipanggil ke skuad Timnas Indonesia. Arhan diharapkan bisa tampil baik dalam laga uji coba internasional melawan Bangladesh yang digelar di Bandung, pada 1 Juni 2022 mendatang.

Selain itu, Pratama Arhan juga dipastikan masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia yang bermain di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Ajang itu diketahui akan dimulai pada 8 Juni 2022.

Advertisement

Kepastian Arhan akan bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023 diumumkan oleh klub Arhan, Tokyo Verdy. Mereka senang Arhan bisa kembali bermain memperkuat Garuda.

Arhan memang sudah cukup lama absen membela Timnas Indonesia. Terakhir kali ia melakukannya saat Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste di Bali pada akhir Januari 2022 lalu.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Arhan dari Tokyo Verdy telah terpilih sebagai anggota tim nasional Indonesia untuk kualifikasi final Piala Asia AFC 2023 yang akan diadakan pada bulan Juni," tulis Tokyo Verdy di situs resmi mereka.

2 dari 6 halaman

Tidak Dilepas ke SEA Games 2021

Pratama Arhan saat Press Conference sebelum keberagkatannya ke Jepang di Kantor Pusat PSSI, Senayan, Jumat (04/03/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kualifikasi Piala Asia 2023 memang laga resmi. Laga itu masuk dalam kalender FIFA dan menentukan langkah Indonesia ke Piala Asia tahun depan.

Kondisi itu yang membuat Tokyo Verdy memang harus melepas Arhan ke Timnas Indonesia. Tidak seperti saat SEA Games 2021 yang lalu.

3 dari 6 halaman

Ada Alasannya

Saat itu, Arhan tidak diizinkan untuk terbang menuju ke Vietnam untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. SEA Games 2021 yang tidak masuk dalam kalender resmi FIFA jadi alasannya.

Menariknya, sampai saat ini, Pratama Arhan masih belum mendapatkan kesempatan bermain di Tokyo Verdy. Ia belum menjalani debut sampai saat ini di klub tersebut.

4 dari 6 halaman

Penurunan Performa

Pratama Arhan (Sumber: Instagram/Tokyo_Verdy)

Tokyo Verdy sendiri sedang mengalami penurunan performa belakangan ini. Mereka tampil buruk dalam lima laga terakhir.

Dengan rincian, tiga kali kalah, satu kali imbang, dan hanya satu kali meraih kemenangan. Kondisi itu membuat Verdy turun jauh ke posisi 12 klasemen sementara J2 League 2022 dengan 23 poin.

5 dari 6 halaman

Sempat di Papan Atas

Pratama Arhan (Dok Tokyo Verdy)

Padahal, Verdy sempat lama ada di papan atas. Mereka sempat jadi saingan terdekat Yokohama FC.

Tak hanya Verdy yang mengalami penurunan performa di J2 League musim ini. Yokohama FC pun mengalami hal serupa.

Kini puncak klasemen J2 League dikuasai Vegalta Sendai. Semnetara Nigalta menguntit ketat di urutan kedua dengan jarak satu poin saja.

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Timnas Indonesia - Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Ricky Kambuaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Jadwal terdekat pertama adalah Shin Tae-yong bakal mempersiapkan Timnas Indonesia untuk beruji coba dengan Bangladesh dalam FIFA Matchday di Bandung pada 1 Juni 2022.

Setelah tampil di SEA Games 2021, agenda Timnas Indonesia masih padat. Selain Timnas U-19 yang tampil di Toulon Cup 2022, Indonesia juga harus bersiap untuk tampil di FIFA Matchday pada 1 Juni 2022 mendatang.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 di mana Indonesia tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

  • 1 Juni 2022 Indonesia vs Bangladesh (FIFA Matchday)
  • 8 Juni 2022 Indonesia vs Kuwait (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)
  • 11 Juni 2022 Indonesia vs Yordania (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)
  • 14 Juni 2022 Indonesia vs Nepal (Kualifikasi 3 Piala Asia 2023)

Berita Terkait