BBM CLS Knight Ramaikan Turnamen Bola Basket RBC 2022 di Makassar

oleh Abdi Satria diperbarui 12 Jun 2022, 14:00 WIB
BBM CLS Knight turut meramaikan turnamen turnamen RBC Cup 2022 di Lapangan Bola Basket Universitas Ciputra, Makassar 12-18 Juni. (Bola.com/Abdi Satria)

Bola.com, Makassar - BBM CLS Knight turut meramaikan turnamen turnamen RBC Cup 2022 di Lapangan Bola Basket Universitas Ciputra, Makassar 12-18 Juni.

Eks wakil Indonesia di ASEAN Basketball League 2019 ini bakal unjuk kemampuan dengan lima tim asal Kota Daeng yakni Sahabat, Old School, Rajawali Basketball Club (RBS), Makassar Warrios dan Flying Wheel.

Advertisement

Pada sesi jumpa media, Minggu (12/6/2022), pembina RBC, Jamin Matotoran, mengungkapkan, meski berstatus turnamen, RBC 2022 menjanjikan tontonan yang menarik karena setiap klub diperkuat sejumlah pemain yang berkiprah di Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Termasuk dua pemain asing asal Amerika Serikat, Kendal Yancy yang beraksi di IBL 2022 bersama Bali United dan Jarron Crump (Tangerang Hawks Basketball).

"Mereka siap menunjukkan kemampuan terbaik untuk menghibur pecinta bola basket di Makassar," ujar Jamin yang juga manajer tim Indonesia Patriots ini.

Menurut Jamin, Ketua Umum PB Perbasi, Danny Kosasih dijadwalkan menghadiri opening ceremony RBC 2022, Selasa (14/6/2022).

"Sukses timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021 jadi momentum terbaik untuk kembali mengairahkan pembinaan basket Sulsel, khususnya di Makassar," tambah Jamin.

2 dari 3 halaman

Suasana Baru

Itulah mengapa Jamin berharap pihak pemerintah provinsi Sulsel dan kota Makassar bisa berkolaborasi untuk membangun gedung olahraga atau lapangan basket yang repsentatif serta berkapasitas ribuan penonton.

Lapangan basket Universitas Ciputra sejatinya sudah berstandar nasional. Namun, hanya bisa menampung ratusan penonton.

"Kalau lapangannya tak layak tak mungkin pemain nasional dan asing mau tampil di Makassar dengan alasan takut cedera," tegas Jamin seraya menambahkan tahun depan, pihaknya tak hanya mengundang tim luar Sulsel tapi juga negara tetangga.

Hal senada dikatakan Kendal Yanci, pria kelahiran Texas, 7 September 1994 ini berharap dengan adanya turnamen RBC Cup 2022, pebasket usia muda Makassar kian termotivasi untuk berlatih untuk meningkatkan kemampuannya. Kendal sendiri akan memperkuat tim RBC yang juga bertindak sebagai tuan tumah.

3 dari 3 halaman

Partai Uji Coba U-12

Ketua Panitia RBC Cup 2022, Juwandy Patiung, menambahkan, selain kategori putra, turnamen ini juga diramaikan oleh aksi pebasket dari empat tim Makassar yakni Flying Wheel, Old School, RBC, dan Sahabat.

"Sistem yang dipakai adalah setengah kompetisi. Dua tim teratas akan bertemu pada grand final. Kami juga menggelar partai eksebisi yang melibatkan pebasket berusia 12 tahun," terang Juwandy.

Pada kesempatan sama, Sekum Perbasi Sulsel, Wahyu Hidayat, mengapreasi RBC yang berkomitmen menggelar turnamen berkualitas.

"Ini sejarah untuk Sulsel, karena menggelar turnamen dengan menghadirkan tim berkualitas dan juga pemain bola basket impor. Semoga dari ajang ini bisa menghasilkan pebasket andal Sulsel," pungkas Wahyu Hidayat.