9 Nama Pemain Ini Terkena Kutukan Nomor Sembilan di Chelsea: Romelu Lukaku Korban Terkini

oleh Hendry Wibowo diperbarui 02 Jul 2022, 10:15 WIB
Lukaku, Mateja Kezman, Fernando Torres (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Chelsea akhirnya berpisah dengan Romelu Lukaku pada musim panas ini. The Blues melepas Lukaku ke Inter Milan dengan status pinjaman.

Chelsea memboyong Lukaku dari Inter pada musim panas tahun lalu. Striker asal Belgia tersebut ditebus dengan biaya yang mencapai 97,5 juta poundsterling.

Advertisement

Lukaku sempat main bagus di awal kedatangannya di Stamford Bridge. Akan tetapi, performa Lukaku kemudian merosot drastis. Dia hanya mencetak 15 gol dalam 44 pertandingan.

Musim panas ini, Lukaku pun mengambil keputusan untuk kembali ke Inter. Dia balik ke Giuseppe Meazza dengan status pinjaman selama semusim penuh.

Kepergian Lukaku semakin mempercayai bahwa pemain yang menggunakan nomor sembilan di Chelsea akan mengalami kesialan. Sebelum Lukaku ada banyak pemain yang mengalaminya.

Berikut ini sembilan pemain Chelsea yang mendapat kutukan dari nomor sembilan sebelum Romero Lukaku.

2 dari 10 halaman

Chris Sutton

Chris Sutton (Geofutbol)

Chris Sutton pindah ke Chelsea dari Blackburn pada tahun 1999. Striker asal Inggris tersebut ditebus dengan mahar 10 juta pounds setelah tampil apik bersama The Riversiders.

Sayang, Sutton tak mampu menunjukkan ketajamannya stelah berada di Stamford Bridge. Dia hanya berhasil mencetak tiga gol dalam 39 pertandingan.

Sutton kemudian dijual rugi ke Celtic pada musim panas berikutnya seharga 6 juta pounds. Dia berhasil menemukan performanya lagi di Skotlandia.

3 dari 10 halaman

Mateja Kezman

Mateja Kezman. (AFP/Odd Andersen)

Mateja Kezman tampil sangat mengesankan bersama Partizan Belgrade dan PSV Eindhoven. Chelsea kemudian memboyongnya ke Stamford Bridge pada 2004.

Namun, penampilan Kezman di Chelsea tidak sesuai ekspektasi. Mantan pemain PSG gagal menunjukkan ketajamannya bersama The Blues.

Kezman hanya berhasil mencetak tujuh gol dalam 41 pertandingan. Dia akhirnya dijual ke Atletico Madrid pada musim berikutnya.

4 dari 10 halaman

Khalid Boulahrouz

Khalid Boulahrouz. (AFP/Adrian Dennis)

Pada tahun 2006, Chelsea mempercayakan nomor sembilan kepada seorang bek. Dia adalah pemain belakang asal Belanda Khalid Boulahrouz.

Boulahrouz diboyong Chelsea senilai 9 juta pounds dari Hamburg. Namun, kariernya di Stamford Bridge bisa dibilang sangat singkat.

Cedera yang dialaminya membuat Boulahrouz hanya mampu tampil dalam 20 pertandingan bersama Chelsea. Dia kemudian dipinjamkan ke Sevilla pada musim berikutnya.

5 dari 10 halaman

Steve Sidwell

Steve Sidwell kala diboyong Chelsea (Foto: Istimewa)

Steve Sidwell bergabung dengan Chelsea pada Juli 2007. Saat itu, dia datang dari Reading dengan status bebas transfer.

Sebagai gelandang, Sidwell memakai nomor punggung 9. Namun, dia hanya menjadi penghangat bangku cadangan di Stamford Bridge.

Sidwell hanya mencetak satu gol dari 25 penampilannya bersama Chelsea. Dia lalu pindah Aston Villa pada musim berikutnya.

6 dari 10 halaman

Franco Di Santo

Franco Di Santo sewaktu di Chelsea. (AFP/Carl De Souza)

Franco Di Santo didatangkan Chelsea pada 2008 dari klub Cile, Audax Italiano. Sayangnya, kebersamaan Di Santo dengan The Blues hanya berlangsung selama dua musim.

Pemain asal Argentina tersebut kalah bersaing dengan penyerang Chelsea lainnya, semisal Didier Drogba, Nicolas Anelka, dan Salomon Kalou.

Bersama Chelsea, Franco Di Santo hanya bermain sebanyak 18 kali dan tidak berhasil mencetak gol. Dia sempat dipinjamkan ke Blackburn Rovers sebelum dilepas ke Wigan.

7 dari 10 halaman

Fernando Torres

Fernando Torres. (AFP/Ian MacNicol)

Fernando Torres meninggalkan Liverpool dan bergabung Chelsea pada Januari 2011. Dia memecahkan rekor pemain termahal di Inggris setelah ditebus dengan biaya 58,5 juta euro.

Torres turut membantu Chelsea memenangkan Liga Champions serta Liga Europa. Namun, dia sering diingat sebagai satu di antara pembelian gagal The Blues.

Torres hanya mencetak 45 gol dalam 172 penampilan di semua kompetisi. Setelah gagal bersinar di Chelsea, Torres melanjutkan kariernya di AC Milan.

8 dari 10 halaman

Radamel Falcao

Radamel Falcao – Dipinjam dari Manchester United dengan harapan mampu memberikan penampilan terbaiknya bersama Chelsea. Namun striker andalan timnas Kolombia ini gagal menunjukan ketajamannya sehingga sering dibangku cadangkan. (AFP/Glyn Kirk)

Setelah gagal bersama Manchester United, Radamel Falcao mencoba peruntungannya bersama Chelsea. Dia datang ke Stamford Bridge dengan status pinjaman dari AS Monaco.

Tetapi, Falcao kembali gagal menunjukkan ketajamannya di Premier League. Bomber asal Kolombia tersebut cuma mampu mencetak satu gol dari 12 pertandingan bersama Chelsea.

Alhasil, kariernya bersama Chelsea tidak berlangsung lama. Falcao meninggalkan The Blues dan kembali ke Monaco pada akhir musim.

9 dari 10 halaman

Alvaro Morata

Alvaro Morata - Striker asal Spanyol ini diboyong Chelsea dari Real Madrid dengan biaya 60 juta poundsterling pada 2017 silam. Namun sayang, Morata sering tampil angin-anginan hingga ia terdepak dari skuat utama. (AFP/Glyn Kirk)

Alvaro Morata didatangkan dari Real Madrid seharga 66 juta euro. Nilai transfer Morata tersebut memecahkan rekor transfer klub saat itu.

Morata hanya mencetak 16 dari 47 pertandingan di Premier League. Penampilannya bersama Chelsea dianggap tidak sesuai ekspektasi.

Chelsea kemudian meminjamkan Morata ke Atletico Madrid pada musim panas 2019. Klub Spanyol itu kemudian menebus Morata seharga 35 juta euro.

10 dari 10 halaman

Gonzalo Higuain

Bomber asal Argentina ini merupakan salah satu pencetak gol andal di Liga Italia. Gonzalo Higuain yang sempat dipinjam Chelsea dari Juventus pada musim 2018/2019 gagal menunjukan performa terbaiknya sehingga The Blues mengembalikannya ke Turin. (AFP/Glyn Kirk)

Gonzalo Higuain bergabung dengan Chelsea pada Januari 2019. Dia didatangkan Maurizio Sarri ke Stamford Bridge dengan status pinjaman dari Juventus.

Sayang, pemain asal Argentina tersebut tak mampu berbuat banyak bersama The Blues. Higuain hanya mencetak lima gol dari 18 pertandingan di semua kompetisi.

Mantan pemain Napoli tersebut hanya bertahan selama enam bulan di London. Higuain akhirnya kembali ke Juventus pada akhir musim.

Sumber: The Sun

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 01/07/2022)

Berita Terkait