3 Senjata Barito Putera untuk Bungkam Arema FC di Perempat Final Piala Presiden 2022: Loyalis Beraksi!

oleh Gatot Susetyo diperbarui 02 Jul 2022, 10:00 WIB
Cover 3 Pemain Barito Putera yang Bakal Sulitkan Arema di Perempat Final Piala Presiden (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Malang - Barito Putera bakal menghadapi ujian berat ketika melawat ke kandang Arema FC, Stadion Kanjuruhan, Malang, dalam perempat final Piala Presiden 2022, Sabtu (2/7/2022).

Namun, Barito Putera sangat percaya diri menghadapi laga ini. Mental anak asuh Dejan Antonic telah teruji sejak fase penyisihan Grup B Piala Presiden 2022 yang notabene juga bertanding di luar kandang, yaitu di Stadion Segiri Samarinda.

Advertisement

Dalam empat pertandingan di Samarinda, Barito Putera tidak tersentuh kekalahan. Modal inilah yang dibawa Rizki Pora dkk. untuk menundukkan Singo Edan.

Apalagi klub yang didirikan almarhum HA Sulaiman HB ini memiliki tiga senjata ampuh yang berpotensi besar membuat Arema FC tidak mudah meraup kemenangan di hadapan ribuan Aremania. Siapa saja ketiga senjata Barito Putera itu?

 

2 dari 6 halaman

Rizki Pora

Pemain sayap Barito Putera, Rizki Pora. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Usia pemain asal Ternate ini memang tidak lagi muda. Namun, pengalamannya membela klub maupun Timnas Indonesia membuat Rizki Pora sosok yang sangat matang dan penuh perhitungan dalam permainan.

Bahkan boleh dibilang, Rizki Pora merupakan satu di antara sayap terbaik di Indonesia. Selain kiper Aditya Harlan, pemain bergaya kidal ini adalah figur loyal di skuad Barito Putera.

Tidak terasa Rizki Pora telah sembilan tahun berbaju Barito Putera sejak 2013. Selama karier profesionalnya, Rizki Pora hanya main di dua klub. Selain Barito Putera, dia pernah membela Persita Tangerang.

Gocekan dan akselerasinya di sayap kiri sering membuat kewalahan bek-bek lawan. Apalagi Rizki Pora juga punya umpan silang yang mematikan.

3 dari 6 halaman

Bayu Pradana

Gelandang Barito Putera, Bayu Pradana. (Bola.com/Gatot Susetyo)

 

Pemain jebolan Diklat Salatiga ini juga bertipe loyalis. Musim ini, Bayu Pradana sempat dirumorkan bakal hengkang dari Barito Putera yang telah diperkuatnya sejak 2019.

Namun, isi terbantahkan ketika Bayu tetap menjadi jenderal lapangan tengah di Piala Presiden 2022. Apalagi lini vital Barito Putera sangat bergantung kepada kualitas Bayu.

Ketika tampil di BRI Liga 1 2021/2022, Bayu Pradana sering menjadi penyelamat tim saat Barito Putera terpuruk. Dia tidak hanya garang saat menghadang lawan yang berambisi menembus sektor tengah Barito Putera.

Bayu Pradana juga sering mencetak gol dari tendangan geledeknya. Sebuah kombinasi kemampuan yang komplet dari diri Bayu Pradana.

4 dari 6 halaman

Rafael Silva

Striker Barito Putera, Rafael Silva. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Striker asal Brasil ini menjadi pahlawan ketika menyelamatkan Barito Putera dari jurang degradasi musim lalu. Kembalinya Rafael Silva pada paruh musim lalu ibarat reuni.

Dia pernah bermain untuk Barito Putera pada 2019. Bahkan dia menjadi bomber produktif dengan menceak 14 gol dari 28 kali berlaga.

Kali ini Rafael Silva masih menjadi ujung tombak bagi Barito Putera. Kubu Arema FC harus ekstrawaspada terhadap ketajaman Rafael Silva.

Dia tidak hanya mumpuni memanfaatkan umpan dari rekan setimnya. Rafael Silva juga mampu berupaya sendiri untuk menjebol gawang lawan.

5 dari 6 halaman

Hasil dan Jadwal Perempat Final Piala Presiden 2022

Piala Presiden 2022 - Ilustrasi Logo Piala Presiden 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)

Hasil Perempat Final Piala Presiden 2022

Jumat, 1 Juli 2022

  • 20.30 WIB - Persib Bandung vs PSS Sleman (1-1, pen 2-4)

 

Jadwal Perempat Final Piala Presiden 2022

Sabtu, 2 Juli 2022

Minggu, 3 Juli 2022

  • 15.30 WIB - PSIS Semarang vs Bhayangkara FC
  • 20.30 WIB - Borneo FC vs PSM Makassar
6 dari 6 halaman

Posisi Akhir Barito Putera di BRI Liga 1 2021/2022

Berita Terkait