Liga Spanyol: Plot Twist! Ini Alasan Presiden Barcelona Merekrut Ousmane Dembele Lagi

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 14 Jul 2022, 21:00 WIB
Ousmane Dembele sempat dicemooh oleh publik Camp Nou lantaran menolak perpanjangan kontrak baru pada awal tahun lalu. Hal tersebut bahkan tetap dilakukan oleh pemain termahal Blaugrana tersebut meski telah mengalami peningkatan performa di bawah asuhan Xavi Hernandez. (AFP/Pau Barrena)

Bola.com, Jakarta - Berakhir sudah saga transfer Ousmane Dembele. Barcelona kini kembali merekrut sang winger dengan status bebas transfer.

Ousmane Dembele sudah melewatkan dua pekan tanpa klub. Kontraknya bersama Barcelona habis dan beragam rumor berkembang.

Advertisement

Winger asal Prancis itu sedianya dihubung-hubungkan dengan Chelsea. Tapi pada akhirnya The Blues lebih memilih Raheem Sterling sebagai rekrutan anyar.

Menariknya, Barcelona malah kembali merekrut Ousmane Dembele. Kontrak berdurasi dua tahun disepakati oleh kedua pihak.

 

2 dari 5 halaman

Kontrak Jangka Pendek

Ousmane Dembele didatangkan menuju Barcelona dengan mahar 135 juta euro dari Borussia Dortmund. Walapun memiliki talenta yang luar biasa, pemain 24 tahun tersebut sering didera cedera. (AFP/Benjamin Cremel)

Melalui laman resmi mereka, Barcelona mengumumkan Ousmane Dembele telah memperpanjang kontrak di dalam tim mereka.

Sang winger meneken kontrak jangka pendek. Ia hanya akan membela Barcelona hingga 2024 mendatang.

Tidak ada opsi perpanjangan kontrak otomatis dalam kontrak baru Dembele. Jadi Barcelona harus menego lagi Dembele jika kontraknya habis di tahun 2024 nanti.

 

3 dari 5 halaman

Hubungan Tidak Harmonis?

Ousmane Dembele. Striker berusia 24 tahun yang rentan cedera ini dipercaya mengenakan jersey nomor punggung 7 oleh Barcelona mulai musim 2021/2022 ini. Sebelumnya nomor tersebut adalah milik Antoine Griezmann yang musim ini dipinjamkan ke Atletico Madrid. (Foto: AFP/Cristina Quicler)

Kabar ini tentu saja sangat menarik. Sebab sejak awal santer disebutkan kalau hubungan Barcelona dengan Ousmane Dembele tidaklah harmonis.

Barcelona disebut-sebut ingin mempertahankan Dembele tapi dengan syarat pemotongan gaji. Eks Dortmund itu menolak mentah-mentah.

Tiada kata sepakat hingga akhirnya Ousmane Dembele resmi meninggalkan Barcelona. Keduanya kini rujuk dan siap bekerjasama lagi.

 

4 dari 5 halaman

Alasan Utama

Ousmane Dembele. Sayap kanan asal Prancis berusia 25 tahun ini didatangkan Barcelona dari Borussia Dortmund pada awal musim 2017/2018 dengan nilai transfer mencapai 140 juta euro atau setara Rp2,2 triliun. Borussia Dortmund sendiri mendatangkan Ousmane Dembele dari Rennes pada awal musim 2016/2017 dengan nilai transfer 35 juta euro. (AFP/Lluis Gene)

Menurut pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, Joan Laporta selaku presiden Barcelona mengapresiasi keinginan kuat Ousmane Dembele untuk bertahan.

"Ousmane Dembele berusaha keras untuk bertahan di Barcelona, sekarang disesuaikan dengan anggaran gaji kami. Dia selalu ingin tinggal di sini," ujar Laporta.

"Xavi mencintai Ousmane dan ingin dia menjadi bagian dari tim Barcelona."

 

5 dari 5 halaman

Raphinha Segera Datang

Raphinha. Pemain berusia 25 tahun ini kini menjalani musim ke-2 bersama Leeds United. Total telah tampil 51 laga di semua ajang dengan torehan 14 gol dan 11 assist. Bersama Timnas Brasil telah mengoleksi 7 caps, dengan torehan 3 gol dan 2 assist. (AFP/Oli Scarff)

Sementara itu, Barcelona juga akan mendatangkan rekrutan baru dalam waktu dekat ini.

El Blaugrana sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan mendatangkan Raphinha dari Leeds United dalam waktu dekat ini.

Sumber: Fabrizio Romano

Berita Terkait