BRI Liga 1: Hadapi PSS Sleman di Maguwoharjo Jadi Pembuktian Kekuatan Mental Pemain Persis Solo

oleh Hery Kurniawan diperbarui 09 Sep 2022, 22:45 WIB
Pelatih interim Persis Solo, Rasiman (kiri) bersama dengan kiper Persis, Muhammad Riyandi dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan PSS Sleman, Jumat (9/9/2022). (Dok. Persis Solo)

Bola.com, Jakarta - Pelatih interim Persis Solo, Rasiman mengklaim dirinya melakukan satu perubahan penting di tubuh tim Laskar Sambernyawa. Perubahan itu adalah soal mental bertanding.

Rasiman merasa mental bertanding Kanu Helmiawan dan kolega saat ini semakin kuat. Para pemain Persis bisa tampil habis-habisan terutama di laga dengan tekanan tinggi.

Advertisement

Rasiman mencontohkan saat Persis Solo bertandang ke markas Borneo FC Samarinda pada 28 Agustus 2022 lalu. Meski kalah 1-2 di laga itu, Rasiman menyebut para pemain Persis menunjukkan perjuangan yang luar biasa.

Mental pemenang seperti itu yang ingin terus dilihat Rasiman dari tim asuhannya. Termasuk saat Persis bertandang ke markas PSS Sleman, Sabtu (10/09/2022) pada laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023.

"Hanya satu hal yang sudah saya bangun yaitu keberanian semua pemain. Sekarang pemain punya mental kuat," kata Rasiman.

"Di laga melawan Borneo FC, kami bisa menyulitkan mereka, kami bertanding dengan sekuat tenaga. Mudah-mudahan semakin baik tiap hari," sambungnya.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Persiapan Cukup Baik

Persis Solo memiliki waktu tujuh hari untuk melakukan persiapan jelang menghadapi PSS Sleman. Rasiman merasa waktu satu pekan itu sudah lebih dari cukup.

"Kami punya waktu yang cukup lumayan untuk mempersiapkan pertandingan ini," katanya.

Pelatih berusia 48 tahun itu pun tak ragu mengincar poin penuh di kandang PSS Sleman.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Hasil Bagus

Rasiman resmi ditunjuk menjadi pelatih interim Persis Solo (Dok. Persis Solo)

Tambahan tiga poin itu akan sangat penting bagi upaya Laskar Sambernyawa merangsek ke papan tengah klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023.

"Jadi kami sudah menyiapkan semuanya dengan baik, mudah-mudahan bisa mendapatkan hasil bagus di Sleman," harap Rasiman.

 

 

4 dari 5 halaman

Tekad Kuat

Kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi (tengah) berusaha memotong bola yang dilepaskan pemain Persija Jakarta, Hanno Behrens dalam laga pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta melawan Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7/2022) sore WIB. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Tekad serupa dilontarkan oleh kiper andalan Persis Solo, Muhammad Riyandi. Eks penjaga gawang Barito Putera itu menegaskan Persis datang ke Stadion Maguwoharjo bukan untuk sekedar menjalani pertandingan saja.

"Pemain sudah melakukan persiapan yang baik. Kami kesini bukan hanya mau bertanding yang pasti kami ingin menang," tegas Riyandi.

 

5 dari 5 halaman

Sama-sama Tidak Full Team

PSS Sleman dan Persis Solo tak akan tampil full team di laga ini. Di kubu Elang Jawa, ada sekitar 11 pemain yang mengalami cedera dan harus absen di laga ini.

Sementara itu ada empat pemain Persis Solo yang dipastikan absen. Ada Jaimerson Xavier dan Kanu Helmiawan yang mengalami cedera.

Kemudian ada Andri Ibo yang mendapatkan akumulasi kartu kuning. Lalu ada Zanadin Fariz yang mendapatkan tugas memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Berita Terkait