5 Fakta di Balik Penjualan Liverpool: Harga Ngeri, Siapa yang Sanggup Beli?

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 09 Nov 2022, 10:30 WIB
Premier League - Ilustrasi Liverpool (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG) menjual The Reds. Langkah perusahaan investasi olahraga Amerika ini mendapat respons beragam dari fans.

"FSG telah mengatakan sebelumnya bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang tepat, kami akan mempertimbangkan pemegang saham baru jika itu demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai sebuah klub," demikian pernyataan resmi FSG.

Advertisement

Sebagian fans nyaman dengan FSG yang memberikan stabilitas selama belasan tahun terakhir. Tapi, ada juga yang frustrasi dengan kebijakan transfer yang memprioritaskan pengeluaran bersih yang relatif rendah.

Inilah sebabnya mengapa banyak penggemar Liverpool akan menyambut penjualan ke individu atau konsorsium dengan ambisi yang lebih. Menurut banyak jajak pendapat yang dilakukan di Twitter, beberapa bahkan akan senang dimiliki oleh negara Timur Tengah, seperti Manchester City, Newcastle United, dan PSG.

Berikut ini fakta-fakta di balik penjualan Liverpool oleh FSG.

2 dari 6 halaman

4 Besar Klub Paling Berharga

Di Grup A, dua pemain Liverpool, Sadio Mane (Senegal) dan Virgil van Dijk (Belanda) akan saling berhadapan di matchday pertama Grup A sekaligus partai pembuka Piala Dunia 2022 Qatar, 21 November 2022. (AFP/Paul Ellis)

Selama 12 tahun di bawah naungan FSG, Liverpool menjelma sebagai klub elite dunia.

Menurut Forbes, Liverpool adalah klub sepak bola paling berharga keempat di dunia, senilai 4,45 miliar USD, di belakang Real Madrid, Barcelona dan Manchester United.

3 dari 6 halaman

Daftar Gelar Liverpool Era FSG

Harvey Elliott. Sayap Liverpool yang baru saja mengalami cedera parah ini menjadi bagian The Reds saat menjuarai Liga Inggris musim 2019/2020 meski hanya dua kali tampil. Di musim sebelumnya ia berseragam Fulham yang harus terdegradasi di akhir musim 2018/2019. (AFP/Pool/Paull Ellis)

2x EFL Cup

1x FA Cup

1x Super Cup

1x Club World Cup

1x Premier League

1x Champions League

1x Community Shield

4 dari 6 halaman

5 Sosok yang Dikaitkan Sebagai Pembeli

LeBron James menjadi pemain aktif dengan gelar MVP Final NBA terbanyak saat ini, yaitu empat kali. Hebatnya lagi, ia menjadi pebasket pertama yang berhasil memenangi gelar tersebut di tiga klub yang berbeda, yaitu bersama Miami Heat pada tahun 2012 dan 2013, Cleveland Cavaliers pada 2016, dan Los Angeles Lakers pada 2020. Pemain yang berjuluk Sang Raja tersebut kini bermain untuk Los Angeles Lakers. Ia masih menjadi sosok kunci lewat pengalaman dan kepandaiannya dalam membaca strategi.

Kini sejumlah konsorsium miliarder diketahui tertarik untuk membeli Liverpool, bahkan terdapat nama Elon Musk.

Dilansir dari SunSport, terdapat lima orang dengan kekayaannya yang mampu mengakuisisi The Reds.

Pertama Sir Jim Ratcliffe, Muhsin Bayrak, Billy Beane, Elon Musk, hingga LeBron James.

5 dari 6 halaman

Kedekatan dengan Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Liverpool dan Manchester City di Stadion Anfield di Liverpool, Minggu (16/10/2022). Kemenangan The Reds atas Man City mengangkat posisi Liverpool ke urutan delapan dengan 13 poin dari 9 laga. (AP Photo/Jon Super)

FSG memiliki hubungan yang sangat baik dengan manajer Jurgen Klopp.

"Hubungannya luar biasa. Sebenarnya sejak hari pertama. Sejak saat itu, kami memiliki hubungan yang sangat baik secara profesional dan juga secara pribadi. Dengan Mike, kami bekerja erat bersama, begitulah adanya," kata Klopp pada 2020.

Klopp kemudian menggambarkan FSG sebagai pemilik terbaik tempat dia bekerja.

"Ini telah bekerja dengan sangat baik. Mereka adalah pemilik pertama saya, jadi saya tidak dapat membandingkan mereka. Mereka adalah pemilik terbaik tempat saya bekerja, pasti!"

6 dari 6 halaman

Rp 70 Triliun

Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman berusia 54 tahun yang telah membesut Liverpool selama 7 musim sejak didatangkan dari Borussia Dortmund pada awal musim 2015/2016 ini mampu membawa Borussia Dortmund dan Liverpool berlaga di final Liga Champions. Bersama Dortmund ia melakukannya satu kali pada musim 2012/2013 saat kalah 0-1 dari Bayern Munchen. Sementara Liverpool dibawanya 3 kali ke final, musim 2017/2018, 2018/2019 dan 2021/2022. Hanya musim 2018/2019 Liverpool dibawanya juara usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0. (AFP/Paul Ellis)

FSG kabarnya mematok angka 4 miliar poundsterling untuk saham Liverpool. Jika dirupiahkan, angkanya mencapai 70 triliun!

John Henry lewat FSG memiliki Liverpool selama 12 tahun. Ia membeli saham klub dari George N. Giller dan Tom Hicks senilai 300 juta poundsterling.

Berita Terkait