Piala Dunia 2022: Imbangi Spanyol, Jerman Ternyata Masih Krisis Pede

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 28 Nov 2022, 06:05 WIB
Selebrasi pemain Timnas Jerman, Niclas Fuellkrug (kanan) usai menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Senin (28/11/2022). (AP Photo/Luca Bruno)

Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, tidak bisa serta merta merasa tenang setelah timnya berbagi angka 1-1 kontra Spanyol pada laga Grup E Piala Dunia 2022, Senin (28/11/2022). Hasil tersebut menjaga asa Jerman melenggang ke babak 16 besar. 

Kans Timnas Jerman lolos ke babak 16 besar memang masih terbuka lebar. Jika ingin melangkah ke babak 16 besar, Jerman harus bisa mengalahkan Kosta Rika pada laga terakhir Grup E. 

Advertisement

Namun, itu saja belum cukup. Jerman juga harus berharap Spanyol bisa menaklukkan Jepang di laga lain. Jika Jepang yang menang, peluang ketiga grup masih harus dihitung lagi. 

Meski di atas kertas Jerman dinilai akan bisa mengalahkan Jepang, Hansi Flick ternyata masih ketar-ketir. Dia mengkhawatirkan kondisi anak asuhnya. 

Bahkan, Hansi Flick mengakui Timnas Jerman harus bisa keluar dari krisis kepercayaan diri (pede) terlebih dahulu. 

 

2 dari 5 halaman

Curhat Hansi Flick

Hansi Flick akan menggantikan posisi Joachim Loew sebagai pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia memiliki catatan yang cukup mentereng dengan membawa Bayern Munchen memenangi Treble Winner saat musim pertamanya menjadi juru taktik Die Roten. Sejak ditunjuk sebagai pelatih Der Panzer pada Agustus 2021, skuat asuhan Flick belum pernah merasakan kekalahan. (AFP/Christof Stache)

"Saya rasa tim ini butuh kepercayaan diri yang lebih. Saya pikir semuanya mulai berkembang ketika Anda mulai menang," kata Hansi Flick, seperti dikutip Express

"Tetapi mungkin kemenangan ini akan memberi kami dorongan lebih percaya diri diri untuk mencetak lebih banyak gol. Kami membutuhkan tekad Niclas Fullkrug," imbuh Flick. 

Niclas Fullkrug adalah pencetak gol Jerman pada pertandingan itu, menghapus keunggulan Spanyol yang mengemas gol melalui Alvaro Morata. Gol Fullkrug menyelamatkan Jerman dari eliminasi dini. 

 

3 dari 5 halaman

Piala Dunia yang Gila

Pemain Timnas Jerman melakukan sesi foto sebelum pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 melawan Timnas Spanyol yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Senin (28/11/2022). (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Niclas Fullkrug turun sebagai pemain pengganti dan membuktikan bisa menjadi super sub. Ini menjadi gol keduanya bagi Jerman, yang dicatatkannya hanya dalam tiga pertandingan untuk Der Panzer. 

Tak heran, dia panen pujian. Salah satu pujian datang dari kapten Jerman, Ilkay Gundogan. 

"Penyelesaian akhir dari gol kami sungguh tak bisa dipercaya. Kami membutuhkan itu," kata Gundogan. 

"Sekarang tergantung dari laga terakhir. Ini Piala Dunia yang dramatis. Anda tahu pertandingan-pertandingan akan berlangsung dramatis, dengan tensi yang naik-turun," imbuh Gundogan. 

Sumber: Express

 

4 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Jerman dan Spanyol

5 dari 5 halaman

Berita Terkait