3 Gelandang Mahal, tapi Gagal Bersama Raksasa Liga Inggris: Minim Kontribusi untuk MU, Liverpool, dan Arsenal

oleh Hery Kurniawan diperbarui 03 Jul 2023, 08:30 WIB
Padahal, permainan setan merah baru saja bergairah usai Donny van de Beek masuk di babak kedua. Diberikan kesempatan oleh Ole, van de Beek memperlihatkan permainan atraktif bagi Manchester. (AP Photo/Frank Augstein)

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer kerap kali menjadi ajang klub-klub di Eropa untuk pamer kekuatan finansial. Terutama oleh klub-klub Liga Inggris yang kerap menggemparkan pasar.

Dalam beberapa tahun terakhir, entah sudah berapa triliun rupiah yang dikeluarkan klub Liga Inggris untuk mendatangkan pemain baru. Banyak dari investasi itu berbuah hasil manis.

Advertisement

Seperti yang terjadi pada Bruno Fernandes di Manchester United. Mohamed Salah yang dibeli Liverpool dari AS Roma juga bisa menjadi kisah sukses lain.

Pun demikian dengan Arsenal yang bisa memboyong Martin Odegaard dari Real Madrid. Playmaker kebangsaan Norwegia itu menjadi figur kunci saat ini di skuad The Gunners.

Selain kisah sukses di atas, ada pula kisah-kisah kegagalan yang dialami oleh Arsenal. Bola.com mengulas tiga gelandang mahal yang gagal bersinar di Arsenal, Liverpool, dan Manchester United.

2 dari 5 halaman

Donny van de Beek (Manchester United)

Donny van de Beek. Gelandang Belanda berusia 25 tahun yang kini menjalani musim ke-3 bersama Manchester United usai didatangkan dari Ajax Amsterdam pada awal musim 2020/2021 ini menempati posisi kelima sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan klub Liga Inggris dari Liga Belanda. MU mengeluarkan biaya senilai 39 juta euro atau kini setara Rp578 miliar untuk mendatangkannya. Ditangani 3 pelatih berbeda di MU, mulai Ole Gunnar Solskjaer, Ralf Rangnick hingga yang terbaru Erik ten Hag, posisinya masih belum berubah sebagai pemain pelapis yang akhirya sempat dipinjamkan selama setengah musim ke Everton pada musim lalu. (AP/Pool/Richard Heathcote)

Manchester United mengeluarkan 44 juta euro atau setara dengan Rp44 miliar untuk mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2020.

Ada harapan besar yang menyertai kedatangan Donny van de Beek. Sebab, pemain asal Belanda ini bersinar bersama Ajax pada musim-musim sebelumnya.

Namun, karier Donny van de Beek di Old Trafford jauh dari gemerlap. Ia justru kerap mengalami cedera, Ia bahkan sempat dipinjamkan selama semusim ke Everton.

Statistik Donny van de Beek di Manchester United

  • 60 laga
  • 2 gol
  • 2 assist
3 dari 5 halaman

Naby Keita (Liverpool)

Naby Keita. Gelandang Guinea berusia 27 tahun ini akan mengakhiri kontrak 5 tahun bersama Liverpool pada akhir musim 2022/2023. Ia didatangkan pada awal musim 2018/2019 dari RB Leipzig dengan nilai transfer 60 juta euro. Hingga kini ia telah tampil dalam 111 laga bareng The Reds di semua ajang dengan torehan 11 gol dan 7 assist. Kabarnya ia diminati beberapa klub, seperti Barcelona, Liverpool dan Aston Villa. (AFP/Adrian Dennis)

Liverpool mengeluarkan 65 juta euro untuk memboyong Naby Keita dari RB Leipzig pada musim panas 2018. Jika menggunakan konversi rupiah sekarang, nilai transfer itu mencapai Rp1 triliun.

Namun, investasi Liverpool bisa dikatakan bodong. Naby Keita hanya tampil lumayan apik pada awal kariernya di Anfield.

Liverpool melepas Naby Keita pada musim panas 2023 dengan status bebas transfer. Gelandang satu ini dilepas ke klub Jerman, Werder Bremen.

Statistik Naby Keita di Liverpool

  • 129 laga
  • 11 gol
  • 7 assist
4 dari 5 halaman

Nicolas Pepe (Arsenal)

Nicolas Pepe. Sayap merangkap striker Pantai Gading berusia 26 tahun ini didatangkan Arsenal dari Lille pada 1 Agustus 2019 dengan nilai transfer 72 juta pounds. Total 2 musim, ia telah bermain dalam 89 laga di semua kompetisi dengan mencetak 24 gol. (Foto: AFP/Ian Kington)

Nicolas Pepe sempat membuah heboh Liga Inggris pada musim panas 2019. Saat itu ia memaksa Arsenal mengeluarkan dana 80 juta euro atau mencapai Rp1,3 miliar untuk memboyongnya dari Lille.

Sayangnya, pemain yang bisa bermain sebabagai winger dan gelandang serang ini gagal membuktikan harga mahalnya di Emirates Stadium.

Arsenal pun kehilangan kesabaran. Mereka meminjamkan Pepe selama musim 2022/2023 ke klub Prancis, OGC Nice.

Statistik Nicolas Pepe di Arsenal

  • 112 laga
  • 27 gol
  • 21 assist
5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Inggris