Pusing dan Ribet, Shin Tae-yong Tangani Timnas Indonesia U-23, Choi In-cheol Pegang Timnas Senior

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 31 Agu 2023, 10:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan penerjemahnya Jeong Seok-seo saat menonton laga Grup H Piala Dunia FIBA 2023 antara Kanada melawan Latvia di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Selasa (29/08/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Bekasi - Pelatih timnas senior dan Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, akan berbagi tugas dengan asistennya, Choi In-cheol, untuk persiapan FIFA Matchday dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong bakal melatih timnas senior dan Timnas Indonesia U-23 sekaligus dalam periode yang bersamaan pada September 2023.

Advertisement

Shin Tae-yong akan memimpin timnas senior untuk beruji coba dengan Timnas Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 8 September 2023.

Selain itu, Shin Tae-yong juga bakal mengomandoi Timnas Indonesia U-23 yang menjadi tuan rumah Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada 6-12 September 2023.

2 dari 4 halaman

Waktu Persiapan Bersamaan

Shin Tae-yong (kedua kiri) dan penerjemahnya Jeong Seok-seo (kiri) menonton laga Grup H Piala Dunia FIBA 2023 antara Kanada melawan Latvia bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), Menpora Dito Ariotedjo, dan Direktur Teknk Indra Sjafri (kanan) di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Selasa (29/08/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timnas Chinese Taipei U-23 pada 9 September 2023 dan Timnas Turkmenistan U-23 pada tiga hari berselang.

Pemusatan latihan timnas senior dan Timnas Indonesia U-23 juga bakal dimulai berbarengan pada 4 September 2023, masing-masing di Surabaya dan Solo.

3 dari 4 halaman

Tim Pelatih Dibagi 2

Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) bersalaman dengan pemainnya, Riko Simanjuntak saat latihan perdana Timnas Indonesia yang berlangsung di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/03/2023) sore WIB. Skuad Garuda rencananya akan melakoni laga FIFA Match Day melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selama masa persiapan, Shin Tae-yong akan lebih banyak menangani Timnas Indonesia U-23, sementara timnas senior dipegang Choi In-cheol.

"Tim pelatih sudah dibagi dua. Mereka akan stay masing-masing di Surabaya dan Solo. Hanya saya saja yang bolak-balik Surabaya dan Solo," ujar Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Memang pusing dan ribet. Untuk timnas senior, Choi In-cheol yang akan membantu. Dia tahu apa yang saya mau untuk taktik dan lain-lain," kata Shin Tae-yong.

"Dia bakal bertanggung jawab untuk timnas senior. Saya cenderung fokus ke Timnas Indonesia U-23," imbuh arsitek asal Korea Selatan tersebut.

Berita Terkait