Sukses


    Inilah Logo dan Maskot Anyar Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Setelah melalui proses seleksi ketat, logo dan maskot anyar Asian Games Jakarta Palembang 2018 diperkenalkan pemerintah kepada publik, Kamis (28/7//2016).  Logo dan maskot ini merupakan hasil sayembara yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif.

    Logo baru Asian Games 2018 menggambarkan sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Di bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

    Sementara itu, tiga maskot Asian Games 2018 yang terdiri dari 3 satwa di Indonesia yaitu burung Cendrawasih yang diberi nama Bhin Bhin, badak bercula satu yang diberi nama Ika, dan Rusa Bawean yang diberi nama Atung.

    "Kami mengacu pada tema sayembara yaitu The Energy of Asia. Kami terinspirasi semangat Bapak Bangsa Soekarno yang membangun kompleks olahraga Gelora Bung Karno dan beberapa bangunan lain untuk penyelenggaraan Asian Games 1962," kata pemenang sayembara logo dan maskot Asian Games 2018, Jefferson Edri, dari FEAT Studio seperti dikutip situs resmi Kemenpora, Kamis (28/7/2016).

    Sebenarnya Asian Games 2018 sudah memiliki logo dan maskot. Namun, logo dan maskot yang sudah diperkenalkan Menpora kepada Komite Olimpiade Asia (OCA) tersebut mendapat tentangan keras dari masyarakat. Mereka mengkritik desain logo dan maskot tersebut yang dinilai tak kreatif.

    Atas dasar itulah pemerintah kemudian memutuskan merevisi logo dan maskot Asian Games 2018. Lalu digelar sayembara untuk menciptakan logo dan maskot baru Asian Games 2018. 

    "Logo baru ini dipilih melalui sayembara secara terbuka yang digelar Badan Ekonomi Kreatif. Pemerintah mendengar banyak masukan dari masyarakat untuk mengganti logo sebelumnya yang bergambar untaian bulu burung Cenderawasih," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

    Dia mengatakan logo dan maskot Asian Games 2018 ini mengambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia.

     

    Video Populer

    Foto Populer