Sukses


    Indonesia Patok Target Raih 25 Medali Emas pada Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto, mengakui pihaknya beserta Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) sepakat memasang target tinggi di Asian Games 2018. Untuk itu, kontingen Indonesia diharapkan mampu menyumbang 25 medali emas.

    "Untuk Asian Games 2018, Indonesia menargetkan masuk 10 besar klasemen perolehan medali atau kalau bisa posisi delapan besar. Ini mengacu pada Asian Games 2014 di mana Qatar berada di posisi 10 dengan raihan 10 emas, begitu juga dengan Malaysia pada edisi 2010 dengan koleksi sembilan emas," kata Gatot.

    "Namun, Kemenpora dan Satlak Prima menilai jumlah tersebut tidak aman. Sebab, lebih baik mematok pada angka yang tinggi dan realistis. Jadi, dari sejumlah cabang olahraga andalan Indonesia menargetkan 23-25 medali emas," ujar Gatot.

    Target yang ditetapkan Kemenpora dan Satlak Prima memang cukup tinggi. Sebagai perbandingan, kontingen Merah Putih hanya meraih empat medali emas pada Asian Games 2010 dan 2014.

    Meski demikian, Gatot tetap optimistis Indonesia mampu mewujudkan target medali tersebut. Gatot juga menilai pihaknya masih melobi pemerintah untuk menambah anggaran persiapan para atlet agar mampu tampil maksimal.

    "Anggaran sesungguhnya hanya 500 miliar rupiah. Akan tetapi, untuk menuju raihan tersebut dan mendapatkan izin dari pemerintah sekiranya bisa ditambah 150 miliar rupiah, jadi totalnya 650 miliar rupiah," ucap Gatot.

    Asian Games 2018 akan berlangsung pada 18 Agustus sampai 2 September. Indonesia akan menggunakan dua kota yakni Jakarta dan Palembang sebagai pusat penyelenggara event empat tahunan antar negara Asia tersebut.

    Video Populer

    Foto Populer