Sukses


    Asian Games 2018 Jadi Pemersatu Korea Utara dan Korea Selatan

    Bola.com, Jakarta - Korea Utara dan Korea Selatan dikabarkan bakal bergabung dalam beberapa cabang olahraga (cabor) Asian Games 2018. Keputusan tersebut meruakan lanjutan dari pertemuan diplomatis pemimpin kedua negara.

    Seperti diketahui, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dan presiden Korea Selatan, Moon Jae In, mengadakan pertemuan diplomatik pada Jumat (27/4/2018). Satu di antara agenda yang mereka bahas adalah mengenai Asian Games 2018.

    Kim Jong Un dan Moon Jae In sepakat, Korea Utara dan Selatan akan menunjukkan solidaritas pada acara lahraga internasional seperti Asian Games.

    Meski begitu, tidak ada kejelasan mengenai bentuk solidaritas yang akan ditunjukkan. Terdapat dua kemungkinan seperti penyatuan tim atau berjalan bersama pada acara pembukaan.

    Menurut bocoran dari juru bicara komite olimpik Korea Selatan, terdapat tujuh cabor yang sudah bersedia menggabungkan kekuatan. Ketujuh cabor itu adalah basket, judo, kano, senam, tenis meja, mendayung, dan soft tennis.

    Akan tetapi, Federasi Sepak Bola Korea Selatan telah menolak rencana menurunkan tim gabungan. Mereka menganggap hal tersebut dapat membuat pengorbanan dari para pemain.

    Sebelum Asian Games 2018, tim gabungan Korea Utara dan Korea Selatan pernah bersatu pada Olimpiade Musim Dingin 2018. Namun, persatuan itu hanya terjadi pada parade pembukaan.

    Sumber: TNP

    Video Populer

    Foto Populer