Sukses


    Berkat Bangladesh, Langkah Timnas Indonesia U-23 ke 16 Besar Makin Enteng

    Bola.com, Jakarta - Kemenangan tak terduga Bangladesh atas Qatar pada match day terakhir penyisihan Grup B Asian Games 2018 berdampak luas, terutama untuk Timnas Indonesia U-23.

    Sebelum Bangladesh mencatatkan kemenangan 1-0 atas Qatar pada pengujung pertandingan (menit 90+3) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu malam (19/8/2018), Timnas Indonesia U-23 harus mengalahkan Hong Kong pada laga terakhir penyisihan Grup A, Senin (20/8/2018).

    Jika gagal menang, hasil imbang atas Hong Kong masih memungkinkan buat Tim Garuda Muda melaju ke fase gugur, namun bergantung pada hasil pertandingan di grup lain, karena Hansamu Yama dkk. bakal masuk kandidat empat tim berperingkat tiga terbaik.

    Namun, selepas Bangladesh menang, konstelasi berubah. Timnas Indonesia U-23, yang hingga laga ketiga mengemas enam poin, di atas angin dan bahkan dipastikan melaju ke 16 besar, setidaknya dengan status satu di antara empat tim berperingkat tiga terbaik.

    Hanya, poin Timnas Indonesia U-23 tidak dihitung enam, melainkan tiga. Hal itu mengacu pada aturan, hasil pertandingan melawan tim paling buncit di Grup A tak masuk hitungan lantaran jumlah peserta di Grup A lebih banyak (lima tim) ketimbang kontestan lain penghuni Grup B hingga F (empat tim).

    Alhasil, Tim Garuda Muda hingga Minggu malam, mengemas poin tiga dengan memasukkan delapan gol dan kebobolan dua gol. Statistik itu sudah cukup bagi tim asuhan Luis Milla untuk meraih tiket ke fase gugur.

    Dalam klasemen tim peringkat ketiga terbaik hingga Minggu malam, dengan statistik itu, Timnas Indonesia U-23 berada di puncak.

    Menyusul di bawahnya ada Uni Emirat Arab (UEA) dan Pakistan, yang juga sama-sama mengoleksi poin tiga namun kalah selisih gol. UEA punya selisih gol plus satu, sedangkan Pakistan minus enam. 

    Di peringkat keempat, atau batas aman lolos ke 16 besar, bercokol Thailand, dengan poin dua. 

     

    2 dari 3 halaman

    3 Negara Mengintai

    Setelah itu beruntun ada Kirgizstan, Myanmar, dan Korea Utara yang sama-sama mengemas satu poin, namun berbeda selisih gol. Kirgizstan untuk sementara di atas Myanmar dan Korea Utara karena punya selisih gol minus dua, sementara Myanmar dan Korut minus tiga.

    Ketiga negara itu masih akan memainkan laga terakhir di penyisihan Grup E dan F pada Senin (21/8/2018). Seandainya ketiganya menang, poin mereka menjadi empat.

    Sekali pun demikian, posisi Timnas Indonesia U-23 masih aman untuk bermain di babak 16 besar, meski kalah (asal tidak lebih dari skor 0-10) atau imbang saat melawan Hong Kong.

    Jika Tim Garuda Muda kalah tidak lebih dari 0-10 atau imbang dari Hong Kong, dan Kirgizstan, Myanmar, serta Korut menang, posisi terburuk Indonesia, yakni berada di urutan keempat (paling bawah) dari empat tim berperingkat terbaik. 

    Seandainya menang atas Hong Kong, Timnas Indonesia U-23 melenggang ke babak 16 besar Asian Games 2018 dengan status juara Grup A.

    3 dari 3 halaman

    Klasemen Tim Peringkat Tiga Terbaik hingga Senin Pagi (20/8/2018)

    Video Populer

    Foto Populer