Sukses


4 Perubahan Regulasi Teknik untuk MotoGP 2016

Bola.com, Madrid - Komisi Grand Prix melakukan perubahan empat regulasi yang akan dipakai untuk MotoGP 2016. Keputusan ini diambil Komisi Grand Prix saat melakukan pertemuan di Madrid, 10 Desember 2015.

Perubahan pertama adalah jumlah ban yang akan dipasok kepada setiap tim untuk musim 2016. Jika musim sebelumnya hanya mendapatkan 21 ban, mulai musim depan seluruh tim akan mendapat pasokan 22 ban dari Michelin.

Selain ban, regulasi soal alokasi mesin untuk setiap pabrikan juga akan berubah. Namun, alokasi ini bergantung pada jumlah tim satelit yang mendapat pasokan mesin dari pabrikan tersebut.

Berikut ini 4 perubahan regulasi teknik untuk MotoGP 2016 seperti dikutip Crash:

Perlengkapan Keselamatan Pebalap

Setelah berkonsultasi dengan semua pemasok helm, baju balap, sepatu balap dan lainnya, regulasi baru soal spesifikasi perlengkapan yang dipakai para pebalap telah disetujui. Prosedur untuk kontrol dan uji coba juga telah disetujui.

Pasokan Ban

Sehubungan dengan penunjukkan Michelin sebagai pemasok resmi ban, alokasi ban slick telah dimodifikasi. Para pebalap sekarang diizinkan menggunakan maksimal 22 ban (10 ban depan dan 12 ban belakang).

Untuk alokasi ban basah adalah maksimal 7 ban depan dan 7 ban belakang. Pebalap juga memiliki pilihan untuk menggunakan ban intermediate dengan alokasi maksimum 3 ban depan dan 3 ban belakang.

Alokasi Mesin

Produsen bisa menyuguhkan tiga spesifikasi mesin yang mungkin digunakan oleh tiga pebalap berbeda sepanjang musim. Sekarang juga disepakati produsen yang kehilangan "konsesi" bisa memberikan mesin tambahan untuk musim pertama setelah kehilangan "konsesi" mereka. Namun, jumlah maksimal spesifikasi akan berbeda bergantung dengan jumlah tim satelit yang dipasok. Rumusnya seperti ini:

1 Tim Pabrikan + 2 tim Satelit = 3 spesifikasi berbeda
1 Tim Pabrikan + 3 tim Satelit = 4 spesifikasi berbeda
1 Tim Pabrikan + 4 tim Satelit = 5 spesifikasi berbeda

Kelas MotoGP

Peraturan yang dibuat sebelumnya sering mengacu pada kelas "Open" dan "Pabrikan", serta tipe mesin. Kini, semua referensi itu akan dihapus.

Video Populer

Foto Populer