Sukses


Plus Minus Pesaing Rio Haryanto untuk Satu Kursi di Manor

Bola.com, Jakarta - Manor Racing belum juga menentukan susunan pebalap mereka untuk Formula 1 musim 2016. Nasib pebalap Indonesia, Rio Haryanto, pun belum jelas

Padahal tes pramusim F1 akan digelar dua pekan lagi di Barcelona, Spanyol, 22 Februari. Dari 11 tim yang akan ambil bagian pada musim depan, 10 di antaranya sudah mengumumkan susunan pebalap mereka.

Baca Juga

Ada enam pebalap yang dikabarkan sedang memperebutkan satu kursi Manor Racing, yakni Will Stevens, Alexander Rossi, Pascal Wehrlein, Roberto Merhi, Pastor Maldonado, dan pebalap Indonesia, Rio Haryanto.

Peluang keenam pebalap tersebut untuk bergabung dengan Manor jelas berbeda-beda. Ada plus minus yang mereka miliki. Beberapa pebalap disebut sebagai kandidat kuat. Namun, Manor masih bungkam.

Lantas bagaimana peluang Rio Haryanto? Berikut peluang enam pebalap seperti dilansir Fox Sports Asia:

2 dari 4 halaman

1

Pebalap Formula 1, Will Stevens. (F1 Wikia)

1. Will Stevens

Stevens punya pengalaman tampil di F1 selama semusim penuh. Pebalap asal Inggris itu merupakan pebalap Manor pada musim 2015.

Meski punya pengalaman, tapi peluang Stevens mempertahankan kursinya pada musim depan kecil. Selain performanya pada musim lalu kurang oke, dia juga tak membawa dana sponsor besar. Padahal, Manor memprioritaskan pebalap yang bisa membayar besar buat operasional tim.

Roberto Merhi (F1 Fanatic)

2. Roberto Merhi

Sama seperti Stevens, Merhi juga membalap buat Manor pada musim lalu. Namun, berbeda dengan Stevens, pebalap asal Spanyol itu digantikan Alexander Rossi dalam beberapa seri pada pengujung musim. Hal itu seolah memperlihatkan Manor tak berminat memakai jasa Merhi lagi pada 2016.

3 dari 4 halaman

2

Alexander Rossi

3. Alexander Rossi

Rossi sudah membuktikan dirinya layak mendapat kesempatan pada musim lalu. Saat menggantikan Merhi, pebalap Amerika Serikat itu bisa mengalahkan Stevens dalam tiga dari empat balapan.

Memiliki Rossi, yang merupakan runner-up GP2 Series 2015, akan sangat bagus buat Manor. Tak hanya di atas trek, tapi juga di luar trek. Rossi bisa membuka jalan Manor untuk menembus pasar Amerika Utara.

Meski punya banyak kelebihan, bukan berarti Manor secara otomatis memberikan kursi buat Rossi. Pasalnya, dia tak didukung sponsor kakap yang bisa menyuntikkan dana besar kepada Manor.

Pascal Wehrlein (Pascal-Wehrlein.de)

4. Pascal Wehrlein

Jika berpatokan pada prestasi, Wehrlein punya kans besar. Pebalap asal Jerman itu merupakan juara balap turing Jerman (DTM) termuda sepanjang sejarah saat merebut titel pada musim lalu. Banyak pihak memprediksi Wehrlein hanya tinggal menunggu waktu untuk berkiprah di lomba jet darat.

Kesempatan buat Wehrlein terbuka lebar pada musim depan di Manor. Wehrlein merupakan pebalap akademi Mercedes. Musim depan, Manor akan memakai mesin Mercedes. Mercedes pun ingin 'menyekolahkan' Wehrlein di Manor.

Mercedes bersedia menyetor uang kepada Manor untuk memberikan satu kursi kepada Wehrlein. Masalahnya, mereka enggan membayar mahal sesuai permintaan Manor. Karena itu, jika ada pebalap yang membawa dana besar, dia bisa terlempar dari persaingan.

4 dari 4 halaman

3

Pastor Maldonado (crash.net)

5. Pastor Maldonado

Maldonado sedang mencari tim setelah kehilangan kursi di Renault yang direbut Kevin Magnussen. Pebalap asal Venezuela itu bisa dibilang sosok idaman Manor karena disokong sponsor besar, yaitu PDVSA yang merupakan perusahaan minyak pelat merah Venezuela. Hanya, Maldonado pernah mengungkapkan tak tertarik bergabung dengan Manor.

Ekspresi kegembiraan Rio Haryanto setelah menjuarai Sprint Race GP2 Austria, 21 Juni 2015. (Rio Haryanto Media)

6. Rio Haryanto

Rio Haryanto punya kans besar. Hanya saja, Rio terkendala dana. Jika dana bantuan dari pemerintah plus Pertamina lancar, Rio hampir pasti merebut satu kursi di Manor.

Buktinya, meski sudah telat dalam melakukan pembayaran uang muka, Manor terlihat masih menunda pengumuman pebalap mereka demi satu kursi buat Rio. Manor memang sudah mengetahui bakat Rio karena pernah beberapa kali melakukan tes dengan mobil F1 mereka. Selain itu, banyaknya fans Rio Haryanto juga bisa menjadi potensi bisnis bagus buat Manor.

 

 

Video Populer

Foto Populer