Sukses


Ada Donatur Luar Negeri Tertarik Bantu Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta Pebalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, masih membutuhkan dana besar untuk menggenapi uang yang harus disetorkan kepada Manor Racing. Menurut sang ibunda, Indah Pennywati, ada donatur luar negeri yang tertarik membantu Rio.

Manajemen Rio telah menyetorkan dana dari uang pribadi senilai 3 juta euro kepada Manor, sedangkan Pertamina bakal menambahkan senilai 5 juta dolar. Namun, uang yang disetorkan Pertamina baru senilai 2,25 juta euro. Sisanya baru dibayarkan setelah balapan F1 seri ketiga.

Dengan kondisi ini, Rio masih membutuhkan dana senilai 7 juta euro untuk menggenapi jumlah yang harus diserahkan ke Manor senilai 15 juta euro. Alhasil, manajemen Rio harus bergerak cepat untuk mencari kekurangannya karena dana senilai Rp 100 miliar yang dijanjikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui KONI kemungkinan sulit terealisasi.

Jelang pengumuman Rio Haryanto bergabung dengan Manor Racing, Kamis (18/2/2016), muncul rumor ada pengusaha Indonesia yang tinggal di luar negeri berniat membantu pebalap asal Solo Jawa Tengah tersebut. Indah tidak menampik kabar tersebut. Namun, istri Sinyo Haryanto tersebut mengatakan pengusaha tersebut baru dalam proses penjajakan. Dia menghubungi Indah tiga hari sebelum Rio resmi menjadi pebalap F1.

“Kemungkinan seperti itu (donatur luar negeri). Tapi kami belum bisa memberikan kepastian. Yang jelas ada yang ingin memberikan dukungan sebagai bentuk rasa nasionalisme,” kata Indah.

Saat ditanya berapa jumlah yang ingin disumbangkan donatur misterius itu, Indah juga belum bersedia memberikan jawaban pasti karena semuanya masih proses. “Saya belum bisa memastikan soal itu (jumlah sumbangan), karena belum pasti,” ujar Indah.

Setelah mendampingi Rio Haryanto menjalani tes pramusim di Barcelona, Indah akan kembali bergerilya untuk mencari dana. Indah mengakui ada beberapa perusahaan yang menunjukkan sinyal ingin membantu pengidola Michael Schumacher dan Ayrton Senna itu.

“Sepertinya ada 1-2 perusahaan yang tertarik menutup kekurangan itu. Tapi semuanya belum pasti juga,” kata Indah Pennywati, tanpa menjelaskan lebih jauh tentang perusahaan yang dimaksud.

Nikmati foto-foto perjalanan Rio Haryanto menuju F1 di sini

Video Populer

Foto Populer