Sukses


Guru SD Rio Haryanto Bangga Sang Anak Didik Tembus F1

Bola.com, Solo - Keluarga besar SD Pangudi Luhur Solo, tempat pebalap Rio Haryanto menempuh pendidikan dasar selama enam tahun, bangga dengan prestasi mentereng alumnus mereka tersebut. Pemuda kelahiran Kota Bengawan 22 Januari 1993 itu baru saja menembus ajang Formula 1 (F1) musim ini usai direkrut tim Manor Racing.

''Kami tentu bangga ada alumni yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia. Apalagi berpartisipasi dalam ajang prestisius seperti F1. Begitu dipastikan lolos, kami langsung menyebarkan informasi lewat grup di sosial media,'' ungkap Sunaryo, kepala SD Pangudi Luhur saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/2/2016).

Sunaryo (kiri), guru SD Rio Haryanto, dan rekan-rekannya berfoto bersama di SD Pangudi Luhur, Solo, Jumat (19/2/2016). (bola.com/Romi Syahputra)

Sunaryo tahu betul sosok Rio Haryanto. Maklum sebelum jadi kepala sekolah, dia adalah guru Rio di kelas. Semasa bersekolah di SD yang terletak di Jl. Sugiyopranoto No 1, Keprabon, Solo, tersebut prestasi Rio tak begitu menonjol. Ia bahkan cenderung dikenal sebagai anak yang pendiam.

''Saya memang pernah mengajar dia di kelas enam. Rio prestasinya biasa-biasa saja. Tidak ada yang menonjol. Anaknya juga pendiam tidak banyak tingkah di sekolah,'' ungkap dia.

Saat mengenyam pendidikan, justru ibunda Rio, Indah Pennywati yang aktif memberikan sumbangan. Indah juga didapuk sebagai ketua komite sekolah saat itu. Sunaryo mengatakan sekolah merasa bangga dengan prestasi mantan siswanya tersebut. Saat ini Rio sudah menjadi idola baru di sekolah.

Kali terakhir Rio berkunjung ke SD Pangudi Luhur sekitar dua tahun lalu. Saat itu, pebalap berwajah tampan itu masih teringat beberapa bangunan dan kelas yang berada di lingkungan sekolah.

''Anak-anak sudah tahu Rio Haryanto. Mereka bangga, mereka terpicu semangatnya, pingin berprestasi. Ini jadi motivasi mereka untuk belajar lebih giat. Sebentar lagi kami akan pasang spanduk bertuliskan Rio sukses tembus F1. Sekaligus untuk promosi sekolah kami juga,'' tutur dia.

Nikmati foto-foto perjalanan Rio Haryanto menuju F1 di sini

Video Populer

Foto Populer