Sukses


Bekuk India, Tim Thomas Indonesia Tantang Jepang di Final

Bola.com, Hyderabad - Indonesia melenggang ke final Kualifikasi Piala Thomas 2016 setelah menundukkan tuan rumah India 3-2 pada babak semifinal di Hyderabad, India, Sabtu (20/2/2016). Pada laga final, Tim Merah Putih bakal menantang Jepang yang lolos setelah menyingkirkan Korea Selatan dengan skor 3-0.

Perjuangan Indonesia di babak semifinal dibuka dengan kekalahan tunggal pertama, Tommy Sugiarto. Putra pebulutangkis legendaris Indonesia, Icuk Sugiarto, tersebut takluk dari tunggal utama India, Srikath Kidambi dalam pertarungan tiga gim 14-21, 25-23, 9-21. Pertarungan ketat ini berlangsung selama 58 menit.

Ketinggalan satu poin tak membuat semangat skuat Merah Putih mengendur. Indonesia langsung menggeber gas pada pertandingan kedua. Ganda putra terbaik Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Meladeni pasangan Manu Attri/Sumeeth Reddy, Ahsan Hendra menang dua gim langsung 21-11, 21-10. Ganda pertama India tersebut bukan lawan sepadan bagi ganda putra juara dunia 2015 tersebut. Skor kedua tim jadi imbang 1-1.

Kebangkitan Indonesia berlanjut ke laga ketiga. Tunggal kedua Anthony Ginting bermain apik saat meladeni Ajay Jayaram. Meski menang mudah 21-15 pada gim pertama, Anthony dipaksa menjalani persaingan sengit pada gim kedua. Meski demikian, pemain asal Cimahi, Jawa Barat, itu mampu menunaikan tugasnya dengan baik dan menang 22-20. Indonesia unggul 2-1.

Pada laga penentuan, Indonesia berharap banyak pada ganda Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Mereka ditantang oleh ganda Pranaav Jerry Chopra/Akhsay Dewalkar.

Angga/Ricky membuka pertandingan dengan mulus, langsung menang mudah 21-13. Namun, Chopra/Dewalkan tak mau membiarkan lawannya melenggang mudah. Mereka mampu mengambil alih kendali permainan pada gim kedua, menang dengan skor 21-18. Pada gim penentuan, Angga/Ricky kembali tampil dominan dan memastikan kemenangan dengan skor 21-13. Dengan hasil ini, Indonesia berhak lolos ke final untuk menantang Jepang.

“Selamat kepada Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia yang sudah berhasil mengalahkan India dengan 3-1. Perjuangan kalian sangat luar biasa tadi. Terima kasih sudah membawa Indonesia ke partai final. Mudah-mudahan besok kalian bisa tampil maksimal lagi,” papar Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan, melalui akun Twitternya.

Video Populer

Foto Populer