Sukses


Uruguay Petik Hasil Positif di Laga Perdana Copa America 2015

Bola.com, Antofagasta - Hasil positif didapat Uruguay pada laga perdana Grup B Copa America 2015. Bertarung melawan Jamaika, Uruguay menang tipis 1-0.

Gol tunggal kemenangan Uruguay pada laga ini dicetak Cristian Rodriguez pada menit ke-52. Kemenangan ini mengantar Uruguay sementara berada di puncak klasemen Grup B berbekal raihan tiga poin.

Uruguay melakoni laga pertama Grup B di ajang Copa America 2015 dengan menghadapi Jamaika, Minggu (14/6/2015) dini hari WIB. Partai digelar di Estadio Regional de Antofagasta.

Skema 4-4-2 menjadi andalan Uruguay di pertandingan ini. Edinson Cavani berduet bersama Diego Rolan di lini serang. Sementara, Luis Suarez masih belum bisa diturunkan akibat sanksi FIFA.

Jamaika menerapkan formasi yang tak biasa pada laga ini, yakni 5-3-2. Boleh jadi, Jamaika sengaja menumpuk pemain di depan kotak penalti sendiri untuk meredam ketajaman lini serang Uruguay.

Pertarungan berjalan dengan tempo lambat di babak pertama. Kedua tim sama-sama masih mencari bentuk permainan terbaik mereka. Meski tampil dominan, Uruguay kesulitan menembus kotak penalti Jamaika.

Jamaika menjadi yang pertama mendapatkan peluang di laga ini. Simon Dawkins melepas tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-13. Bola yang mengarah ke sisi kanan gawang mampu dimentahkan kiper Fernando Muslera.

Jamaika kembali mendapatkan peluang bersih mencetak angka pada menit ke-27. Berawal dari sepak pojok Garath McClearly, tandukan jarak dekat Giles Barnes mampu diblok Muslera.

Sepanjang babak pertama, Uruguay tampak frustrasi menembus rapatnya lini pertahanan Jamaika. Percobaan tembakan jarak jauh pun kerap mereka lakukan. Salah satunya melalui sepakan kaki kanan Cristian Rodriguez pada menit ke-37. Namun, Duwayne Kerr sigap mengawal gawangnya. Laga babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Uruguay bermain lebih sabar pada babak kedua. Tim besutan Oscar Tabarez itu kerap memainkan bola di lini tengah guna memancing para pemain Jamaika untuk keluar dari sarangnya.

Kebuntuan Uruguay akhirnya pecah di menit ke-52. Berawal dari tendangan bebas Nicolas Lodeiro, Jose Gimenez memberikan umpan lewat tandukan dan disambut sontekan kaki kanan Rodriguez ke pojok kanan gawang. 1-0 Uruguay memimpin.

GOL - Selebrasi Cristian Rodriguez usai mencetak gol ke gawang Jamaika. (REUTERS/Andres Stapff)

Uruguay kembali memeroleh peluang pada menit ke-62. Edinson Cavani menusuk masuk kotak penalti usai mengelabui dua pemain bertahan Jamaika. Tembakan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti mampu diblok Kerr.

Jamaika mendapatkan dua peluang bersih mencetak angka dalam interval empat menit. Sayang, tandukan Giles Barnes dan Deshorn Brown masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Stuani membuang kesempatan emas mencetak angka di menit ke-83. Dia gagal menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong. Tembakan first time-nya masih tinggi di atas istar gawang. Kemenangan 1-0 Uruguay bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Uruguay (4-4-2): Muslera; M. Pereira, Gimenez, Godin, A. Pereira; Sanchez (Stuani 73'), Arevalo, Lodeiro (Gonzales 86'), Rodriguez (Arrascaeta 64'); Rolan, Cavani.

Jamaika (5-3-2): Kerr; Lawrence, Morgan, Mariappa, Hector, McAnuff; Dawkins (Laing 54'), McCleary, Austin; Barnes, Mattocks (Brown 75').

Video Populer

Foto Populer