Sukses


Prediksi Portugal vs Swedia: Balas Dendam Memori 2004

Bola.com, Uherske Hradiste - Ketika berbicara soal pertemuan antara tim nasional senior antara Portugal dan Swedia, maka bisa dikatakan keduanya punya hubungan yang biasa saja. Namun jika berbicara tim U-21, ada cerita menyisakan kegetiran.

Di ajang Euro U-21 2004 yang digelar di Jerman, Portugal dan Swedia sudah saling sikut. Bahkan pasukan Swedia yang kala itu masih diperkuat Johan Elmander sempat membully Portugal di fase grup. Di pertemuan pertama turnamen tersebut, mereka menang 3-1, bahkan Hugo Almeida cs nyaris tak lolos dari babak satu karena hanya mengoleksi empat angka. Beruntung, tuan rumah dan Swiss yang berada di grup yang sama tampil lebih buruk.

Portugal kembali bertemu dengan Swedia di perebutan juara ketiga Euro U-21 2004, satu tiket untuk lolos ke Olimpiade musim dingin tahun berikutnya menjadi taruhan. Namun berbeda dengan hasil pertama, Portugal berhasil menuai kemenangan. 

Kendati demikian, bukan berarti itu diraih dengan lebih mudah. Bak pasukan Viking, Swedia bermain dengan kengototan luar biasa. Johan Elmander menjadi orang pertama yang mencetak gol. Portugal sempat girang ketika bisa mencetak dua gol enam menit jelang bubaran. Tapi Markus Rosenberg memperpanjang napas Swedia. Perlawanan bangsa Skandinavia itu akhirnya harus berhenti ketika mencetak golden goal di menit ke-114. Swedia pun harus gigit jari.

11 tahun berselang, keduanya bakal bertemu lagi. Meski sudah terpaut cukup lama, situasi yang terjadi dulu dan sekarang kurang lebih sama. Portugal dan Swedia sama-sama memperebutkan tiket semifinal dan peluang keduanya untuk saling sikut cukup terbuka.

Portugal bisa lolos jika mendapatkan kemenangan atau hasil imbang. Skuat Rui Jorge juga akan maju jika mereka kalah sementara Inggris bermain imbang dengan Italia.

Di sisi lain, Swedia akan lolos jika menang. Mereka juga bisa melaju ke babak berikutnya dengan hasil imbang jika Italia mengalahkan Inggris. Dalam konferensi pers, kedua pelatih menyuarakan kepercayaan dirinya.

Rui Jorge mengklaim skuatnya akan bermain maksimala meski akan ada sedikit kelelahan di tubuh skuatnya. Hakan Ericsson lebih memilih menyebut kalau Swedia berada di posisi yang tak diunggulkan tapi bisa jadi itu hanyalah psywar. Jadi siapakah yang bisa berjaya pasca tragedi 2004? Swedia atau Portugal?

 

Prediksi susunan pemain:

Portugal: José Sá; Ricardo Esgaio, Raphael Guerreiro, Paulo Oliveira, Tiago Ilori; William Carvalho, Sérgio Oliveira, João Mário; Bernardo Silva, Gonçalo Paciência, Ricardo

Swedia: Carlgren; Lindelöf, Baffo, Milošević, Augustinsson; Khalili, Lewicki, Hiljemark, Hrgota; Guidetti, Kiese Thelin

Video Populer

Foto Populer