Sukses


Swedia Susah Payah Rengkuh Trofi Piala Eropa U-21

Bola.com, Prague - Swedia harus bersusah payah mengalahkan Portugal di laga final Piala Eropa U-21. Bermain sama kuat 0-0 selama 120 menit, Swedia sukses mengalahkan Portugal lewat drama adu penalti sekaligus merengkuh trofi juara.

Bagi Swedia, ini adalah gelar perdana di ajang Piala Eropa U-21, setelah prestasi terbaik selama ini adalah lolos ke semifinal pada 1990 dan 2009. Sedangkan untuk Portugal, lagi-lagi harus menahan hasratnya untuk bisa menjadi juara.

Bermain di Eden Arena, Prague, Rabu (1/7/2015) dini hari WIB, Swedia dan Portugal turun dengan skuat terbaiknya. Swedia menerapkan taktik 4-4-2 dengan mengandalkan John Guidetti dan Isaac Kiese Thelin di lini depan.

Sedangkan Portugal, bermain dengan formasi 4-1-3-2. Pelatih Esperancas, Rui Jorge memasang Ivan Cavaleiro dan Ricardo Pereira sebagai penyerang.

Di babak pertama, Portugal tampil dominan dengan melepaskan tujuh sepakan. Bahkan, eksekusi tendangan bebas Sergio Oliveira di menit ke-7 nyaris berbuah gol. Sayang, usahanya tersebut hanya membentur mistar gawang.

Sementara Swedia melepaskan tiga tembakan dengan dua yang mengarah ke gawang. Tapi, hingga 45 menit pertama berakhir, skor sama kuat 0-0 tetap bertahan.

Masuk paruh kedua, Portugal masih mengendalikan jalannya pertandingan. Gelandang Portugal, Toze memiliki dua kans untuk membobol gawang Swedia. Namun, tendangan Toze di menit ke-63 dan 69 masih bisa dihentikan kiper.

Swedia belum mampu keluar dari tekanan. The Blue-Yellow hanya melepaskan sepasang tembakan melenceng di paruh kedua. Lagi-lagi, skor kacamata bertahan hingga pertandingan berakhir.

Alhasil, laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di masa extra time, kedua tim tak mampu mencetak gol. Dan penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti.

Di babak tos-tosan, Swedia akhirnya keluar sebagai juara dengan skor 4-3. Dari lima algojo The Blue-Yellow hanya Abdul Khalili yang gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan John Guidetti, Isaac Thelin, Ludwig Augustinsson, serta Nilsson-Lindelof berhasil mengelabui kiper Portugal U-21, Jose Sa.

Sementara lima penendang Portugal, hanya Goncalo Paciencia, Toze, dan Joao Mario yang berhasil mencetak gol. Tapi, eksekusi 12 pas Ricardo Esgaio dan William Carvalho berhasil ditepis Patrik Carlgren.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Swedia U-21 (4-4-2): Patrik Carlgren; Victor Nilsson Lindeloef, Alexander Milosevic, Filip Helander, Ludwig Augustinsson; Oscar Lewicki, Oscar Hiljemark, Abdul Khalili, Simon Tibbling; John Guidetti, Isaac Kiese Thelin.

Portugal U-21 (4-1-3-2): Jose Sa; Ricardo Esgaio, Tiago Ilori, Paulo Oliveira, Raphael Guerreiro; William Carvalho; Sergio Oliveira, Bernardo Silva, Joao Mario; Ivan Cavaleiro, Ricardo Pereira.

Video Populer

Foto Populer