Sukses


Piala Super Eropa: Rekor Buruk Emery lawan Barcelona. Apa Itu?

Bola.com, Tblisi - Sevilla akan menantang Barcelona di Piala Super Eropa di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, Rabu (12/8/2015) dini hari WIB. Laga ini mempertemukan Sevilla sebagai juara Liga Europa dan Barcelona sebagai kampiun Liga Champions.

Unai Emery merupakan salah satu pelatih paling sukses di Sevilla. Pria Spanyol berusia 43 tahun itu membawa Sevilla menjadi juara Liga Europa dua kali berturut-turut, yaitu di musim 2014-2014 dan 2014-2015.

Namun di hadapan Barcelona, Emery dan Sevilla tak punya catatan apik. Bayangkan, sebanyak 19 kali membawa tim asuhannya menghadapi Barcelona, Emery tak pernah merasakan kemenangan. Hanya saja, tak semua dari 19 pertemuan itu Emery menghadapi Barcelona bersama Sevilla. Sebelumnya ia melatih Almeria, Valencia, dan Spartak Moskow. Rekor Emery vs Barcelona adalah 13 kali kalah dan enam imbang.

Menjelang pertandingan Piala Super Eropa, yang merupakan pertemuan ke-20 dengan Barcelona, Emery tak merasa minder. Ia menatap laga tersebut dengan pandangan penuh keyakinan.

"Satu lagi kesempatan buat kami. Sebuah kesempatan menghadapi lawan yang hebat yang lebih difavoritkan. Kami akan bekerja keras untuk menggagalkan mereka," kata Emery di Sport-english.

Musim lalu, Sevilla gagal meraih gelar Piala Super Eropa setelah takluk 0-2 dari klub raksasa Spanyol lainnya, Real Madrid. Rekor buruk itu tak membuat Emery takut menantang Barcelona.

"Sevilla akan menghadapi Barcelona lagi setelah Piala Super Eropa, karena kami sama-sama berada di level atas. Tak ada alasan buat takut. Saya tak akan pernah melewatkan kesempatan buat menghadapi Barcelona, sekarang atau 15 tahun lagi," ujar Emery.

Musim ini, kekuatan Sevilla berubah karena ditinggal sejumlah pemain penting yang pindah ke klub lain. Kepergian Carlos Bacca (ke AC Milan), Aleix Vidal (ke Barcelona), dan Stephane Mbia (ke Trabzonspor) membuat Emery harus bekerja keras untuk mempertahankan ketangguhan Sevilla.

Baca Juga: 

Baru Semusim di Dortmund, Immobile Hijrah ke Sevilla

Emery Optimistis Sevilla Bungkam Barcelona di Piala Super Eropa

Demi Hadapi Sevilla, Messi dan Neymar Akhiri Masa Liburan

Video Populer

Foto Populer