Sukses


Prediksi FC Porto vs Chelsea: Menguak Luka Lama Mou dan Casillas

Bola.com, Jakarta Chelsea bertandang ke markas FC Porto, Estadio do Dragao, pada pertandingan kedua Grup G Liga Champions, Rabu (30/9/2015) dini hari WIB. Partai nanti menguak memori kelam antara Jose Mourinho dan Iker Casillas.

Chelsea menjalani laga pertama Liga Champions musim 2015 - 2016 dengan mulus. The Blues mengandaskan perlawanan Maccabi Tel Aviv dengan skor mencolok empat gol tanpa balas pada 16 September lalu.

Sementara, FC Porto hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Dynamo Kyiv di Stadion Olympic Stadium. Vincent Aboubakar menjadi penyelamat Porto dari kekalahan berbekal dua golnya.

Hasil ini menempatkan Chelsea di puncak klasemen sementara Grup G bermodalkan tiga poin. FC Porto dudk di posisi kedua dengan satu angka. Chelsea bertandang ke Estadio do Dragao pada pertandingan kedua dini hari nanti.

Laga nanti menjadi partai sarat emosi bagi pelatih Chelsea. Pasalnya, Porto menjadi klub yang membesarkan nama Mou di dunia kepelatihan.

Meski hanya dua musim lamanya membesut FC Porto, Mou sukses menghadirkan prestasi luar biasa pada musim terakhirnya. Pelatih berjuluk The Special One itu mengantar Porto meraih treble winners, juara Liga Portugal, Piala Portugal, dan Liga Champions.

"Pertandingan ini bakal emosional, sekejap hati Anda menjadi luluh. Fakta bahwa Porto berada di puncak klasemen adalah hal yang normal karena mereka punya kualitas dalam skuat mereka."

"Pertandingan tandang bagi Chelsea selalu sulit, mereka tim besar dan ingin mengincar kemenangan. Namun Porto tahu mereka taka akan menghadapi tim yang lemah bernama Chelsea," tutur Mourinho.

Akan tetapi, laga nanti juga bak menguak luka dalam Mourinho, yakni perihal keretakan hubungannya dengan Iker Casillas sewaktu di Real Madrid.

Ya, Jose Mourinho menanggalkan jabatan pelatih Real Madrid melalui kesepakatan bersama pada 20 Mei 2013, atau tiga hari setelah kekalahan di final Piala Raja Spanyol 2013 melawan Atletico Madrid.

Ada dua alasan yang melatarbelakangi keputusan Madrid melepas Mourinho. Pertama, keputusan kontroversial Mou yang mencadangkan kiper sekaligus kapten Iker Casillas. Hal itu kabarnya membuat para pemain Madrid lainnya marah dan mengajukan petisi yang berisi permintaan untuk mencopot Mou. Kedua, pertengkaran Mou dengan Presiden Florentino Perez.

Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, mengungkapkan alasan utama dibalik keretakan hubungan antara Mourinho dan Casillas. Menurutnya, Mou marah besar kepada Casillas karena menelpon Xavi dan Puyol sebelum laga El Clasico.

"Casillas pantas mendapatkan banyak pujian. Dia menelpon saya dan Carles Puyol. Saya bilang kepadanya bahwa kedua tim harus menjaga diri sendiri. Ia tidak melihat persaingan antar klub, tapi ia menelepon untuk kepentingan sepak bola Spanyol," ungkap Xavi seperti dilansir Daily Mail.

Meski demikian, Mou siap menjabat tangan Casillas usai pertandingan nanti. "Saya tahu apa yang bakal anda tanyakan. Saya akan menjabat tangannya sebelum atau sesudah laga. Saya juga akan memberi tepukan tangan untuknya. Tak ada keraguan soal itu," jelas Mou seperti dilansir Soccerway.

Chelsea sendiri tampaknya tak akan melakukan perubahan besar dalam komposisi pemain tengah pekan ini. Nama-nama seperti Eden Hazard, Oscar, Pedro dan Cesc Fabregas akan tetap jadi andalan. Begitu juga dengan Asmir Begovic yang akan tetap menjadi kiper utama setelah Thibaut Courtois cedera panjang.

Porto sendiri bisa memainkan skuat terbaik mereka pada laga kali ini. Hanya Yacine Brahimi yang akan absen pada laga tersebut karena mengalami cedera lutut. Namun nama-nama seperti Iker Casillas, Vincent Aboubakar, Andre Andre hingga Maicon siap tampil dan memberikan penderitaan kepada The Blues.

Prakiraan Susunan Pemain:

FC Porto (4-2-3-1): Casillas, Maxi, Maicon, Marcano, Layun, Ruben Neves , Andre Andre, Imbula, Corona, Varela, Aboubakar

Chelsea (4-2-3-1): Begovic, Ivanovic, Terry, Zouma, Azpilicueta, Matic, Fabregas, Ramires, Pedro, Hazard, Diego Costa.

Rekor Pertemuan:

Head to Head:

26 Nov 2009 Porto 0 – 1 Chelsea
16 Sep 2009 Chelsea 1 – 0 Porto
07 Mar 2007 Chelsea 2 – 1 Porto
22 Feb 2007 Porto 1 – 1 Chelsea
07 Des 2004 Porto 2 – 1 Chelsea

Lima Pertandingan Terakhir Porto:

26 Sep 2015 Moreirense 2 – 2 Porto
21 Sep 2015 Porto 1 – 0 Benfica
17 Sep 2015 Dinamo Kyiv 2 – 2 Porto
13 Sep 2015 Arouca 1 – 3 Porto
30 Agt 2015 Porto 2 – 0 Estoril Praia

Lima Pertandingan Terakhir Chelsea:

26 Sep Newcastle 2 – 2 Chelsea
24 Sep 2015 Walsall 1 – 4 Chelsea
19 Sep 2015 Chelsea 2 – 0 Arsenal
17 Sep 2015 Chelsea 4 – 0 Maccabi Tel Aviv
12 Sep 2015 Everton 3 – 1 Chelsea

Presentase Bola.com: FC Porto 45%-55% Chelsea

Sumber: ESPN

Baca juga:

Terungkap, Penyebab Utama Retaknya Hubungan Mourinho dan Casillas

Lewandowski Lima Gol, Bayern Hancurkan Wolfsburg

Ferguson: Cuma Ada 4 Pemain Kelas Dunia di MU

Video Populer

Foto Populer