Sukses


Taklukkan Andorra, Belgia Lolos dan Pimpin Grup B

Bola.com, Andorra la Vella - Belgia berhasil mengalahkan Andorra dengan skor 4-1 di Stadion Nacional, Andorra la Vella, dalam lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2016, Minggu (11/10/2015) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat Belgia kini berada di peringkat pertama klasemen Grup B dengan 20 poin, unggul dua poin dari Wales yang berada di posisi kedua dengan 18 poin. Belgia dan Wales dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Selama 90 menit pertandingan berlangsung, Belgia tampak sangat mendominasi jalannya pertandingan. Terbukti, skuat besutan Marc Wilmots berhasil meraih 75 persen penguasaan bola berbanding 25 persen milik Andorra.

Tak hanya itu, Belgia juga sukses mendominasi soal menciptakan peluang. Berdasarkan statistik yang dilansir dari UEFA.com, Belgia mampu membuat 20 tendangan dengan sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Andorra hanya mampu membuat tiga tendangan yang semuanya mengarah ke gawang.

Belgia berhasil unggul 1-0 terlebih dahulu pada menit ke-19 melalui tendangan keras kaki kanan dari Radja Nainggolan.

Pada menit ke-36, Belgia nyaris kembali mencetak gol. Gelandang Belgia yang kini bermain untuk Manchester City, Kevin de Bruyne, melepaskan tendangan kaki kanan yang masih melenceng dari gawang Andorra.

De Bruyne akhirnya berhasil mencetak gol, dua menit jelang babak pertama berakhir. Tepatnya pada menit ke-43, sepakan kaki kanan menyusur tanah De Bruyne membuat Belgia unggul 2-0 atas Andorra. Babak pertama pun berakhir dengan skor akhir 2-0 untuk keunggulan Belgia.

Memasuki babak kedua, Andorra mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui titik penalti setelah Jan Vertonghen melanggar Victor Hugo Moreira di kotak terlarang pada menit ke-52. Ildefons Sola Lima yang menjadi algojo sukses memasukan bola dan membuat Andorra memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Akan tetapi, kegembiraan Andorra tidak bertahan lama. Pasalnya, empat menit usai memperkecil kedudukan, Belgia berhasil kembali menjauh menjadi 3-1 lewat sepakan penalti Eden Hazard pada menit ke-56.

Belgia semakin menunjukkan kedigdayaannya atas Andorra usai Laurent Depoitre mengubah skor menjadi 4-1 pada menit ke-64. Hazard memiliki kesempatan mencetak gol keduanya pada laga ini, andai sepakan penalti pada menit ke-78 tidak melenceng. Hingga laga usai, skor 4-1 untuk kemenangan Belgia tetap bertahan.

Susunan pemain

Andorra: 13-Ferran Pol; 3-Moises San Nicolas, 6-Ildefons Lima, 20-Max Llovera, 21-Marc Garcia; 5-Marc Rebes, 23-Jordi Rubio, 8-Marcio Vieira, 17-Victor Moreira (Gabi Riera  72'), 4-Oscar Sonajee (Adri Rodrígues 62'); 10-Aaron Sanchez

Pelatih: Koldo Alvarez

Belgia: 1-Simon Mignolet; 19-Thomas Meunier, 2-Tobias Alderweireld, 5-Jan Vertonghen, 23-Jordan Lukaku; 18-Radja Nainggolan, 6-Axel Witsel; 14-Dries Mertens (Nacer Chadli 72'), 7-Kevin De Bruyne, 10-Eden Hazard; 20-Laurent Depoitre

Pelatih: Marc Wilmots

Wasit: Mawel Gil (Polandia)

Sumber: UEFA

Baca Juga:

Tekuk Republik Ceska, Turki Buka Asa ke Piala Eropa 2016

Dikalahkan Bosnia-Herzegovina, Wales Tetap Cetak Sejarah

Susunan Pemain Andorra Vs Belgia

Video Populer

Foto Populer