Sukses


Pernyataan Resmi FoJ soal Pejabat FIFA yang Ditangkap

Bola.com, Zurich - Kantor Kehakiman Federal Swiss (FoJ) membuat pernyataan resmi soal penangkapan dua petinggi FIFA di Hotel Baur au Lac, Zurich, Kamis (3/12/2015) dini hari waktu setempat. Dua orang yang masih belum diketahui itu ditangkap atas dugaan menerima suap jutaan dolar Amerika Serikat.

Pihak kepolisian Swiss melakukan tindakan penangkapan tersebut di tempat yang sama seperti saat membekuk para pejabat FIFA pada Mei 2015. Dua orang yang ditangkap pada Kamis (3/12/2015) sedang mengadakan rapat Komite Eksekutif FIFA.

"Perintah penahanan dikeluarkan FoJ berdasarkan permintaan penangkapan yang diajukan Departemen Kehakiman Amerika Serikat pada 29 November 2015. Dalam penyelidikan Kantor Jaksa AS wilayah New York diketahui orang-orang yang ditangkap diduga menerima suap," bunyi pernyataan FoJ.

"Para petinggi FIFA diduga menerima imbalan untuk menjual hak pemasaran sehubungan dengan turnamen sepak bola di Amerika Selatan dan kualifikasi Piala Dunia."

"Dalam kasus tersebut, FoJ dapat menyetujui ekstradisi orang-orang itu ke Amerika Serikat sesegera mungkin. Namun, jika orang-orang itu menentang, FoJ akan meminta Amerika Serikat untuk mengajukan permintaan ekstradisi formal dalam batas waktu 40 hari yang ditetapkan dalam perjanjian ekstradisi bilateral," lanjut pernyataan FoJ.

Pihak FIFA telah membuat pernyataan resmi mengenai penangkapan dua pejabat tingginya tersebut. Ini merupakan penangkapan kedua yang melibatkan para petinggi FIFA, setelah sebelumnya terjadi pada Mei 2015.

"FIFA mengakui ada tindakan yang dilakukan Departemen Pertahanan AS pada hari ini," bunyi pernyataan resmi FIFA, beberapa jam setelah penangkapan dua anggotanya.

"FIFA akan terus bekerja sama sepenuhnya dalam penyelidikan AS yang diizinkan hukum Swiss, serta dengan penyelidikan yang dipimpin Kejaksaan Tinggi Swiss. FIFA akan berkomentar lebih lanjut mengenai perkembangan kasus tersebut," lanjut pernyataan FIFA.

Sumber: FIFA, Federal Office of Justice FoJ

Video Populer

Foto Populer