Sukses


Pemenang FIFA Ballon d'Or Dikuasai Brasil

Bola.com - FIFA Ballon d'Or sudah mencapai edisi ke-25. Sejak dimulai pada tahun 1991 dengan nama FIFA World Player of the Year, pemain asal Brasil menjadi yang paling sering meraih penghargaan individu tersebut.

FIFA Ballon d'Or merupakan penghargaan untuk pemain yang tampil impresif sepanjang tahun. Penghargaan itu dimulai pada tahun 1991 dengan nama FIFA World Player of the Year.

Pada tahun 2010, FIFA akhirnya sepakat menggabungkan FIFA World Player of the Year dengan penghargaan Ballon d'Or yang diberikan France Football. Alhasil, terbentuklah nama baru yakni FIFA Ballon d'Or.

Penghargaan ini rutin diberikan setiap tahun kepada pemain yang memberikan penampilan terbaik. Tak hanya bersama klub, penampilan sang pemain bersama tim nasional negaranya pun menjadi bahan pertimbangan.

Pemungutan suara dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional negara anggota FIFA. Selain itu, media pilihan induk sepak bola dunia itu juga ditunjuk untuk memberikan suaranya.

Kapten, pelatih, dan media nantinya diminta untuk memilih tiga pemain berdasarkan urutan. Satu suara bernilai 10 poin yakni lima poin untuk pemain pilihan pertama, tiga poin untuk pemain pilihan kedua, dan dua poin untuk pemain pilihan ketiga. Jumlah tersebut nantinya akan dihitung. Lalu, pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin.

Sedikitnya sudah delapan kali pemain asal Brasil mampu meraih penghargaan tersebut. Dominasi Negeri Samba itu dimulai ketika Romario menyabet penghargaan FIFA World Player of The Year edisi 1994.

Penghargaan tersebut diraih Romario ketika masih berseragam Barcelona. Lalu dominasi Brasil dilanjutkan oleh nama-nama semisal Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, dan Kaka.

  1. Romario, meraih FIFA World Player of the Year 1994 saat bermain untuk Barcelona.
  2. Ronaldo, meraih FIFA World Player of the Year 1996 (bersama Barcelona), 1997 (bersama Inter Milan), 2002 (bersama Real Madrid).
  3. Rivaldo, meraih FIFA World Player of the Year 1999 saat bermain untuk Barcelona.
  4. Ronaldinho, meraih FIFA World Player of the Year 2004 dan 2005 ketika bermain untuk Barcelona.
  5. Kaka, meraih FIFA World Player of the Year 2007 ketika bermain untuk AC Milan.

Sedangkan pemain asal Inggris dan Spanyol sama sekali belum pernah meraih penghargaan tersebut. Nama-nama semisal David Beckham dan Frank Lampard yang pernah masuk nominasi hanya mampu menduduki urutan kedua.

Begitu halnya dengan pemain asal Spanyol. Pesona Negeri Matador yang diwakili nama-nama Fernando Torres, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta hanya mampu berada di posisi kedua dan ketiga.

Pada Senin (11/1/2016) tengah malam WIB nanti akan diumumkan peraih FIFA Ballon d'Or 2015. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar bersaing untuk menjadi pemain terbaik sepanjang tahun 2015.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer