Sukses


Kota Piala Eropa 2016: Lyon

Bola.com — Lyon merupakan kota di Prancis yang sempat memiliki peranan penting dalam kehidupan beragama dan politik di Eropa. Kota ini berdiri pada masa kekaisaran Romawi pada abad pertama masehi dengan nama Lugdunum setelah ditemukan Marcus Aemilius Lepidus dan Lucius Munatius Plancus.

Lyon terletak di pertemuan antara sungai Rhone dan sungai Saone pada bukit Fourviere. Infrastruktur serta perekonomian kota itu mulai berkembang ketika para prajurit Romawi membangun jalan utama yang menghubungkan beberapa pusat wilayah kekaisaran Romawi di Galia.

Pada abad pertengahan, Lyon dikenal sebagai salah satu kota penghasil sutera terbesar di Eropa. Selain itu, melimpahnya rempah-rempah, membuat kota berpenduduk 491 ribu juta jiwa tersebut saat ini menjadi pusat studi Gastronomi (makanan dan budaya) di Prancis.

Bassilica of Notre-Dame de Fourviere di Lyon, Prancis. (UEFA).

Lyon juga menjadi pioner dalam sejarah sinematografi ketika Auguste dan Louis Lumière mempertunjukkan film dengan memodifikasi alat Kinetoskop ciptaan Thomas Alfa Edison pada 1895. Menurut catatan sejarah, itu adalah kali pertama orang dapat menonton film layar lebar.

Berkat berbagai film karya Lumiere bersaudara, estetika Lyon semakin membuka mata dunia. Sebut saja, Basilique Notre Dame de Fourviere, Katedral Saint Jean, hingga Amphitheatre des Trois Gaules, yang menjadi daya tarik jutaan wisatawan jika berkunjung ke Prancis.

Kini, Lyon menjadi kota terbesar ketiga di Prancis. Perekonomian kota tersebut mengandalkan sektor perbankan dan industri bioteknologi. Dengan GDP sebesar 97.006 dolar per tahun (2014, Global Metro Monitor), Lyon tercatat sebagai kota ketiga terkaya setelah Paris dan Lille di Prancis.

Suasana para suporter Lyon di Stade de Lyon, Prancis. (UEFA).

Sementara itu, mengenai sepak bola, gairah masyarakat Lyon tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Prancis. Ketika Jean-Michel Aulas menjabat sebagai Presiden Olympique Lyonnais pada 1987, berrbagai pembenahan dilakukan. Alhasil, Lyon pun meraih gelar pertama Ligue 1 pada 2002.

Bahkan, pada 2010, Lyon berhasil mencapai semifinal Liga Champions sebelum disingkirkan Bayern Munchen. Selain itu, klub asuhan Bruno Genesio itu juga saat ini memiliki akademi yang telah menghasilkan berbagai pemain muda cemerlang, di antaranya Alexandre Lacazette.

Data Kota

Nama : Lyon
Provinsi : Rhone-Alpes
Populasi : 491.268 jiwa
Ketinggian: 173 meter di atas permukaan laut

Jarak ke Venue Euro 2016 lain

Saint-Etienne : 65 km
Marseille : 315 km
Paris : 465 km
Saint-Denis : 480 km
Nice : 480 km
Toulouse : 540 km
Bordeaux : 555 km
Lille : 690 km
Lens : 975 km

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Ini 5 Supermodel Dunia yang Menjalin Hubungan dengan Atlet

Video Populer

Foto Populer