Sukses


Superstar: Nagelsmann, Pelatih Termuda Bundesliga

Bola.com, Munich - Pada Kamis (11/2/2016), TSG 1899 Hoffenheim menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih menggantikan Huub Stevens. Kepastian tersebut membuat Nagelsmann menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah Bundesliga.

Nagelsmann saat ini masih berusia 28 tahun. Pelatih yang lahir pada 23 Juli 1987 itu bahkan lebih mudah ketimbang empat pemain utama Hoffenheim, yakni Alexander Stolz, Eugen Polanski, Kai Herdling, dan Kevin Kuranyi.

Nagelsmann memecah rekor pelatih termuda Bundesliga yang sebelumnya dipegang Klaus-Dieter Ochs saat menangani Hamburg SV pada 1970. Kala itu, Ochs berusia 30 tahun 244 hari.

Pada awalnya, Nagelsmann memang telah ditentukan bakal menjadi pelatih Hoffenheim mulai musim depan. Namun, keputusan pengunduran diri Stevens karena alasan kesahatan pada Rabu (10/2/2016), membuat Nageslmann ditugaskan lebih cepat dari kesepakatan awal.

Nagelsmann pun meneken kontrak hingga 30 Juni 2019 untuk menangani Die Kraichgauer. Kontrak tiga tahun itu bisa mengandung arti pihak klub sangat memercayai Nagelsmann untuk memimpin tim, meski masih berusia muda untuk ukuran pelatih skuat senior.

Namun, keputusan berani Hoffenheim itu ternyata tak mengejutkan pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel. Nagelsmann pernah bekerja sama dengan Tuchel saat masih di Augsburg. Saat itu, Tuchel melatih tim senior, sementara Nagelsmann memegang tim kedua Augsburg.

"Nagelsmann merupakan pelatih muda yang memiliki rasa ingin tahu besar. Dia juga pekerja keras. Saya sangat bangga kepadanya dan percaya dia bisa menjadi pelatih hebat," kata Tuchel dalam sebuah kesempatan.

Sebelum menangani Hoffenheim, Nagelsmann merupakan pelatih Hoffenheim U-19. Sebelumnya, dia pernah menjadi asisten pelatih Hoffenheim pada periode 2013.

Nagelsmann tidak memiliki catatan karier sebagai pemain profesional. Dia sempat menimba ilmu di 1860 Munich dan Augsburg pada level junior. Namun, cedera lutut membuat Nagelsmann pensiun sebelum merasakan debut profesional.

Kini, Nagelsmann memiliki tugas berat untuk mengangkat posisi Hoffenheim yang berada di posisi ke-17 dalam 20 pertandingan Bundesliga musim ini. Nagelsmann sadar tugas menjadi pelatih Hoffenheim tidak akan mudah dijalaninya.

"Ada sebuah tantangan besar. Tentu saja, hal itu semakin sulit bila melihat posisi kami pada musim ini. Namun, saya tak sabar untuk melatih Hoffenheim," ujar Nagelsmann.

Kepercayaan serupa dimiliki manajemen klub. "Kami bertugas untuk menjaga klub dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Bersama Nagelsmann, kami mengambil semua risiko dan memutuskan cara terbaik baginya adalah mulai melatih tim lebih cepat," tutur Direktur Olahraga Hoffenheim, Peter Gorlich.

Nagelsmann sudah memimpin sesi latihan tim pada Kamis (11/2/2016) sore waktu setempat. Pelatih muda itu akan menemani Kevin Volland dan kawan-kawan pada laga kontra Werder Bremen di Weserstadion pada Sabtu (13/2/2016) malam WIB.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer