Sukses


Skuat Emas Uni Soviet saat Juarai Piala Eropa 1960

Bola.com — Tim nasional Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil meraih trofi European Cup of Nations—sekarang Piala Eropa— pada 1960. Pada pagelaran yang digelar di Prancis tersebut, Viktor Ponedelnik dan kawan-kawan mengalahkan Yugoslavia 2-1 lewat babak tambahan waktu. 

Itu adalah gelar turnamen Eropa satu-satunya Uni Soviet sebelum pada akhirnya pecah pada 1990. Pada Piala Eropa 1988 yang dihelat di Jerman, Soviet melangkah ke partai final, namun gagal meraih trofi kedua setelah takluk 0-2 dari Belanda, di Olympiastadion, 25 Juni 1988. 

UEFA pada Selasa (23/2/2016), mengunggah foto skuat Uni Soviet sebelum menjalani pertandingan perdana putaran final Piala Eropa 1960 melawan Cekoslowakia, di Marseille, Prancis. Berikut ini adalah pemain-pemain andalan Uni Soviet yang terdapat dalam keterangan foto tersebut: 

1. Lev Yashin
Lev Yashin adalah satu-satunya kiper yang memenangi penghargaan Ballon d'Or pada 1963. Penampilan gemilang kiper yang identik dengan seragam hitam-hitam itu merupakan pemain yang berjasa membawa Dinamo Moskva meraih enam gelar Soviet First League beruntun.

Di ajang Piala Eropa 1960, penampilan impresif Lev Yashin pun berbuah manis. Tampil gemilang saat menghadapi Cekoslowakia dan Yugoslavia, dia mempersembahkan gelar internasional pertama Uni Soviet. Sang Laba-laba Hitam—julukan Yashin—meninggal dunia pada 1990.

2. Igor Netto
Netto adalah kapten timnas Uni Soviet pada Olimpiade 1956 dan Piala Eropa 1960. Dia dikenal sebagai kapten yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Bahkan, di ajang Piala Dunia 1962, Netto sempat meminta wasit untuk menganulir gol Igor Cislenko, rekannya di timnas Uni Soviet, saat berjumpa Uruguay.

Kala itu, Cislenko melepaskan tendangan keras dari arah samping lapangan sehingga bola merobek jala gawang. Wasit pun mengira bola tendangan Cislenko masuk ke dalam gawang dan mengesahkan gol tersebut. Akan tetapi, Netto justru meyakinkan wasit jika gol itu tidak sah. Netto meninggal dunia pada 1999.

3. Valentin Ivanov
Valentin Ivanov adalah pemain legendaris klub Soviet, Torpedo Moskva. Namun, nama gelandang sayap itu melejit setelah ia membawa negaranya meraih trofi Piala Eropa 1960 di Prancis. Dia mencetak 26 gol dari total 59 penampilan, termasuk empat gol di ajang Piala Dunia 1962.

Saat meraih Piala Eropa 1960, Ivanov menyumbang dua gol saat Uni Soviet membungkam Cekoslowakia 3-0, pada babak empat besar. Pada 1967, Ivanov melanjutkan karier sebagai pelatih Torpedo Moskva selama empat periode hingga 1998. Pada November 2011, Ivanov meninggal dunia karena menderita Alzheimer.

4. Viktor Ponedelnik
Ponedelnik adalah bintang Uni Soviet saat meraih Piala Eropa 1960. Dia mencetak gol penentu kemenangan atas Yugoslavia pada partai final di Stadion Parc des Princes, 10 Juli 1960. Namanya pun tercatat sebagai pemain terbaik dalam pagelaran pertama turnamen tersebut.

Bintang tim nasional Uni Soviet, Viktor Ponedelnik (dua dari kanan) berpose sebelum melakoni putaran final Piala Eropa 1960. (UEFA).

Ponedelnik pertama kali dipanggil timnas saat membela klub divisi dua Soviet, FC SKA Rostov-on-Don. Penampilan perdana Ponedelnik mengundang banyak decak kagum lantaran mampu mencetak hat-trick saat Uni Soviet mengalahkan Polandia 7-1. Dia mencetak 20 gol dari 29 laga sebelum memutuskan pensiun pada usia 29 tahun. Setelah itu, Ponedelnik melanjutkan karier sebagai pelatih dan jurnalis sepak bola.

5. Slava Metreveli
Slava Metreveli mencetak gol penyama kedudukan saat Uni Soviet menghadapi Yugoslavia, pada partai final Piala Eropa 1960. Sepanjang karier internasional, pemain yang berposisi sebagai gelandang sayap kanan itu memperkuat Uni Soviet di empat ajang berbeda, yakni Piala Dunia 1962, 1966, dan 1970.

Di level klub, Metreveli merupakan pemain andalan Torpedo Moskva pada 1956 hingga 1962, dan berhasil mempersembahkan dua gelar liga Soviet serta satu USSR Cup, sebelum hijrah ke Dinamo Tbilisi pada 1963. Metreveli meninggal dunia pada 1998 dalam usia 61 tahun.

6. Mikheil Meskhi
Julukannya "Garrincha dari Georgia". Berposisi sebagai gelandang sayap, penampilan Meskhi memang kerap memukau dengan keahliannya mengocek dan menggiring bola. Dia juga merupakan orang berjasa saat Uni Soviet meraih trofi Piala Eropa 1960. Meskhi mencetak assist untuk gol Ponedelnik.

Meskhi memperkuat Uni Soviet dalam 25 pertandingan dan mencetak empat gol. Dia membela Dinamo Tbilisi selama 15 tahun dan sukses mencetak total 50 gol dari 286 laga. Pada 1998, Meskhi mendapat penghargaan sebagai pesepak bola terbaik Georgia sepanjang masa.

7. Gavrill Kachalin
Gavrill Kachalin adalah pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Uni Soviet. Dia juga merupakan pelatih pertama yang mampu membawa Uni Soviet meraih gelar UEFA European Champioship. Empat tahun kemudian, dia membawa Uni Soviet meraih medali emas pada cabang sepak bola Olimpiade 1964.

Kachalin melatih Uni Soviet dalam tiga periode dan sukses mengantarkan tim berjuluk "Red Army" itu lolos ke putaran final final Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Di levek klub, prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Dinamo Tbilisi meraih trofi Liga Soviet pada 1964. Kachalin meninggal dunia pada 1995.

8. Anatoli Krutikov
Pelatih legendaris Inter Milan, Helenio Herrera, sempat menyebut Anatoli Krutikov sebagai bek kelas dunia. Berposisi sebagai bek tengah, tak jarang Krutikov yang dikenal memiliki kecepatan tinggi membantu serangan hingga ke jantung pertahanan lawan. Krutikov juga merupakan andalan CSKA Moskwa dan Spartak Moskva.

9. Valentin Bubukin
Valentin Bubukin adalah salah satu bintang dalam skuat Uni Soviet pada ajang Piala Dunia 1958 dan Piala Eropa 1960. Dia memiliki julukan "kaki baja" lantaran sering melepaskan tendangan keras. Bersama tim nasional Uni Soviet, Bubukin menjalani 11 pertandingan internasional.

Pada 1957, Bubukin sukses mengantarkan Lokomotiv Moskva menjuarai Soviet Cup. Setelah melalangbuana bersama FC Karpaty Lviv, dan CSKA Moskva, Bubukin memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada 1987. Dalam usia 75 tahun, Bubukin meninggal dunia pada 2008.

10. Anatoli Maslenkin
Maslenkin dikenal sebagai bek serba bisa yang juga dapat berposisi sebagai gelandang. Lantaran memiliki tubuh tinggi besar, tak jarang Maslenkin sering berduel fisik dengan para penyerang tim lawan. Pemain yang juga mengantarkan Uni Soviet meraih medali emas Olimpiade 1956 tersebut menjadi andalan Red Army di ajang Piala Eropa 1960. Dia mencetak satu gol dari 33 penampilan.

11. Givi Chokheli
Pada Piala Eropa 1960, Chokheli merupakan pemain termuda dalam skuat Uni Soviet. Kala itu, usianya masih 23 tahun. Akan tetapi, ketangguhannya menjaga jantung pertahanan tidak perlu diragukan lagi. Dia dikenal sebagai bek spesialis "man-marking" lantaran memiliki tubuh tinggi besar.

Chokheli menghabiskan kariernya di level klub bersama Dinamo Tbilisi. Pada 1969, dia melanjutkan karier sebagai pelatih hingga 1974. Salah satu pemain yang menerima penghargaan Master of Sport of the USSR itu meninggal dunia pada 25 Februari 1994 dalam usia 56 tahun.

12. Vladimir Maslachenko — Kiper cadangan
13. German Apukhtin — Striker cadangan
14. Zaur Kaloev — Striker cadangan
15. Valentin Granatkin — Mantan Presiden FIFA
16. Nikolai Gulyaev — Asisten pelatih
17. Andrei Starostin — Direktur timnas Uni Soviet

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Data Pertandingan Piala Eropa 1960 (Bola.com/Samsul Hadi)

Video Populer

Foto Populer