Sukses


Diwarnai Penghormatan untuk Cruyff, Belanda Takluk dari Prancis

Bola.com, Amsterdam - Prancis menang 3-2 atas Belanda dalam laga persahabatan di Amsterdam ArenA, Sabtu (26/3/2016) dini hari WIB. Laga ini juga ditandai dengan penghormatan kepada legenda sepak bola dunia, Johan Cruyff, yang wafat pada Kamis (24/3/2016).

Gol Prancis dicetak oleh Antoine Griezmann (6'), Olivier Giroud (13'), Blaise Matuidi (87'). Sementara itu, gol Belanda dibukukan oleh Luuk de Jong (47') dan Ibrahim Afellay (86').

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Prancis langsung menggempur lini pertahanan Belanda. Dimitri Payet nyaris membuka keunggulan Les Blues usai memanfaatkan operan Laurent Koscielny. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diselamatkan oleh kiper Belanda kawalan Jasper Cillessen.

Prancis akhirnya membungkam publik Amsterdam ArenA pada menit keenam. Antoine Griezmann berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol melalui tendangan bebas.

Tujuh menit berselang giliran Olivier Giroud menggandakan keunggulan Les Bleus. Pemain Arsenal itu berhasil mengkonversikan umpan Lassana Diara menjadi gol dengan sundulan. 

Pada menit ke-14, wasit Felix Zwayer lalu meniup peluit panjang untuk mengenang Johan Cruyff yang meninggal dunia akibat penyakit kanker paru-paru. Seluruh orang yang memadati stadion lalu memberikan tepuk tangan penghormatan untuk mantan pemain dan pelatih Ajax Amsterdam serta Barcelona itu.

Peluang perdana Belanda baru tercipta pada menit ke-22 melalui Quincy Promes. Namun, bola hasil sepakannya setelah memanfaatkan operan Luuk de Jong berhasil diselamatkan oleh kiper Prancis kawalan Steve Mandanda. Skor 2-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga jeda. 

Memasuki paruh kedua laga, Belanda langsung tampil menekan. Hal itu ternyata tak sia-sia setelah mereka berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-47 melalui Luuk de Jong.

Diawali dari umpan silang Memphis Depay dari situasi bola mati, De Jong yang menerima bola lalu melepaskan sundulan ke sudut kanan bawah gawang Prancis. Dari tayang ulang terlihat jika bola ternyata mengenai tangan De Jong dan wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Publik Amsterdam Arena kembali bergemuruh setelah Ibrahim Afellay mencetak gol penyama pada menit ke-86. Diawali dari sepak pojok Depay, Afellay lalu melepaskan sepakan mendatar yang merobek sudut kanan bawah gawang Prancis.

Semenit berselang, Prancis kembali unggul melalui aksi Blaise Matuidi. Memanfaatkan umpan satu-dua dengan Martial, Matuidi melakukan sepakan mendatar yang merobek jala Cillessen setelah lolos dari kawalan bek Belanda. Hingga laga berakhir, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Statistik ESPN mencatat laga tersebut berlangsung imbang dengan penguasaan bola sama kuat 50:50. Namun, Prancis lebih banyak memperoleh peluang dengan 15 percobaan yang delapan diantaranya tepat sasaran. Sedangkan Belanda hanya meraih lima sepakan akurat.

Setelah laga ini, Prancis akan menjamu Rusia di Stade de France pada 29 Maret 2016. Pada hari yang sama, Belanda akan bertandang ke Stadion Wembley untuk menghadapi Inggris.

Susunan pemain:

Belanda: 1-JasperCillessen, 2-JoelVeltman, 3-JeffreyBruma, 4-Virgil vanDijk (20-IbrahimAfellay 45'), 5-JetroWillems (15-Patrick VanAanholt 78'), 8-DaleyBlind, 6-JordyClasie (21-MemphisDepay 45'), 7-DavyKlaassen (17-GeorginioWijnaldum 76'), 10-WesleySneijder (16-RiechedlyBazoer 37'), 9-Luuk de Jong (22-Vincent Janssen 81'), 11-Quincy Promes

Pelatih: Danny Blind (Belanda)

Prancis: 16-Steve Mandanda, 2-Christophe Jallet, 3-Patrice Evra (17-Lucas Digne 45'), 4-Raphael Varane, 21-Laurent Koscielny, 12-Lassana Diarra (13-N'Golo Kante 45'), 14-Blaise Matuidi, 19-Paul Pogba (18-Moussa Sissoko 87'), 7-Antoine Griezmann (11-Anthony Martial 45'), 8-Dimitri Payet, 9-Olivier Giroud (10-Andre-Pierre Gignac 73')
Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Wasit: Felix Zwayer (Jerman)

 

Video Populer

Foto Populer