Sukses


Johan Cruyff Tutup Usia, Pelatih Albania Sampaikan Belasungkawa

Bola.com, Wina - Pelatih Timnas Albania, Gianni De Biasi, menyampaikan rasa belasungkawa mendalam untuk keluarga Johan Cruyff. Ucapan turuk berduka itu disampaikan pelatih asal Sarmede, Italia, ini saat sesi jumpa pers yang diikuti bola.com bersama wartawan peliput laga uji coba Austria vs Albania di Stadion Ernst Happel, Wina, Jumat (25/3/2016).

 


Menurut De Biasi, Johan Cruyff merupakan salah satu pesepak bola yang memiliki andil besar dalam kemajuan sepak bola untuk Belanda dan Eropa. "Di era 70-an, Cruyff benar-benar luar biasa. Jasanya terhadap sepak bola tidak ternilai. Saya bersama tim menghaturkan belasungkawa yang mendalam untuk keluarga Johan Cruyff," ucap mantan pelatih Udinese dan Torino ini.

Di mata De Biasi, karier Cruyff saat menjadi pemain bola tergolong luar biasa. Bersama Ajax Amsterdam dan Barcelona, Cruyff sukses memberikan sejumlah trofi. Bahkan ketika berkostum Timnas Belanda di Piala Dunia 1974, Cruyff sukses mengantarkan Der Oranje ke final. Di turnamen bergengsi itu, Cruyff dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Bahkan saat beralih status menjadi pelatih, Cruyff berhasil menularkan filosofi sepak bola modernnya kepada para pemain. De Biasi mengatakan, Cruyff merupakan sosok pelatih yang jenius. "(Cruyff) Sosok yang luar biasa. Salah satu yang terbaik di dunia, baik ketika menjadi pemain atau pun pelatih. Kita sebagai insan sepak bola benar-benar kehilangan," ujar De Biasi.

Pelatih berusia 59 tahun ini berharap perjalanan Cruyff di belantika sepak bola Eropa bisa dijadikan pelajaran bagi seluruh pelatih dan pemain. De Biasi bahkan mengaku menjadi Cruyff sebagai salah satu sosok yang selalu ia kagumi. "Terlalu banyak hal positif yang diberikan Cruyff untuk dunia sepak bola," ucap pelatih yang sukses mengantarkan Timnas Albania lolos ke Piala Eropa 2016 ini.

Johan Cruyff menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (24/3/2016) akibat penyakit Kanker. Dia berjuang melawan penyakit Kanker paru-paru sejak bulan Oktober 2015. (Reza Khomaini)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer