Sukses


Perjalanan Karier Cesare Maldini Sebagai Pelatih AC Milan

Bola.com, Milan - Cesare Maldini gantung sepatu pada tahun 1967 bersama Torino. Setelah jeda tiga tahun, Cesare akhirnya memulai petualangannya di dunia kepelatihan.

Kariernya sebagai pelatih dimulai ketika menerima jabatan sebagai asisten pelatih Nereo Rocco di Milan pada tahun 1970. Butuh dua musim bagi Cesare menimba ilmu kepelatihan sebagai asisten pelatih sebelum akhirnya menukangi Milan pada tahun 1972.

Pada musim perdananya sebagai pelatih, Cesare berhasil mempersembahkan gelar ganda. Milan di bawah asuhanya sukses menyabet Piala Winner Eropa dan Coppa Italia 1972-1073.

Namun, kecemerlangan karier sebagai pemain ternyata berbanding terbalik dengan yang dialami Cesare sebagai pelatih Milan. Cesare tak sekalipun mampu mempersembahkan gelar Scudetto bersama I Rossoneri.

Milan finis di posisi kedua dengan koleksi 44 poin, selisih 1 angka dari Juventus yang menjadi kampiun Scudetto. Musim berikutnya pun malah lebih buruk. Milan malah terpuruk di urutan ketujuh dengan koleksi 30 poin. Hasil ini lantas membuat Cesare didepak dari jabatannya sebagai pelatih.

"Kepergian Cesare Maldini berarti perginya sosok fundamental dalam sejarah AC Milan," tulis pernyataan resmi klub.

"Dia merupakan kapten AC Milan saat menjuarai Piala Champions pada 1963 di Wembley. Dia juga ayah dari Paolo. Selain itu, anagram 'Milan' terbentuk dari nama belakangnya," sambung pernyataan itu.

Cesare kemudian melanjutkan kariernya menjadi pelatih Foggia (1974-1976), Ternana (1976-1977), dan klub Serie C1 Parma (1978-1980), sukses membantu klub tersebut promosi ke Serie B.

Pada tahun 1980, Cesare Maldini mendapatkan kesempatan di timnas Italia. Ketika itu, Cesare dipercaya menjadi asisten pelatih Enzo Bearzot.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer