Sukses


Perjalanan Karier Cesare Maldini Sebagai Pelatih Timnas Italia

Bola.com, Roma - Cesare Maldini memulai petualangannya bersama tim nasional Italia pada tahun 1966. Ketika itu, Cesare didaulat sebagai pengganti pelatih Arrigo Sacchi.

 

Jalan Cesare Maldini menjadi pelatih tim nasional Italia tak dicapainya dengan mudah. Pertimbangan itu diambil setelah Cesare meraih kesuksesan bersama timnas Italia U-21.

Mengemban jabatan pada tahun 1986, Cesare sukses mempersembahkan gelar Piala Eropa U-21 tiga kali secara beruntun pada tahun 1992, 1994, dan 1996. Fabio Cannavaro, Gianluigi Buffon, dan Francesco Totti menjadi nama-nama pemain U-21 yang pernah merasakan tangan dingin Cesare.

Italia bersama Cesare sukses melaju ke Piala Dunia 1998 yang digelar di Prancis. Ketika itu, Gli Azzurri melaju melalui jalur play-off setelah menyingkirkan Rusia. Ujian berat dihadapi Cesare di Piala Duia 1998. Italia berada di Grup B bersama Cile, Kamerun, dan Austria.

Ketika itu, Italia sukses finis di posisi puncak Grup B dengan meraih tujuh poin. Jumlah tersebut diraih berkat dua kemenangan dan satu hasil imbang. Laju Italia akhirnya terhenti di babak delapan besar. Cesare dan anak asuhnya disingkirkan Prancis melalui drama adu penalti dengan skor 3-4.

Kegagalan tersebut menimbulkan kritikan pedas dari media Italia. Gaya permainan bertahan total yang diusung Cesare Maldini dianggap menjadi penyebab tersingkirnya Alessandro Del Piero dkk. Cesare akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Italia.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer