Sukses


Jelang Piala Eropa 2016: Bangkit Bersama Lawan Terorisme

Bola.com, Paris - Striker legendaris tim nasional Prancis, Thierry Henry, menilai pagelaran Piala Eropa 2016 memiliki peranan penting, baik di dalam maupun luar lapangan. 

Piala Eropa 2016 akan bergulir pada 10 Juni hingga 10 Juli mendatang di 10 kota besar Paris. Sebanyak 24 tim peserta bakal memainkan babak penyisihan pada turnamen yang hingga partai puncak di Stade de France akan mempertandingkan total 51 laga tersebut. 

Sepanjang sejarah gelaran turnamen yang pertama kali dimulai pada 1960 tersebut, Prancis sudah dua kali meraih trofi pada 1984 dan 2000. Keduanya terjadi saat skuat Les Bleus berstatus sebagai tuan rumah. 

Kini, berbeda dengan dua periode tersebut, penyelenggaraan Piala Eropa terganggu dengan beberapa aksi teror di luar lapangan. Maklum, pada November 2015, sempat terjadi insiden berdarah di Paris setelah ratusan orang tewas akibat aksi dari beberapa oknum terduga teroris. 

"Orang-orang akan menuju ke sana (Prancis) dan membuat pernyataan bahwa kami tidak akan takut. Kami semua akan menuju Piala Eropa dan tidak akan takut. Apakah Anda akan berhenti atau tetap melangkah ke sana? Hal inilah yang bakal kami pilih," ungkap Henry. 

"Apa yang terjadi di Paris dan Belgia, juga terjadi di seluruh dunia. Akan tetapi, semoga bagi Eropa, turnamen ini (Piala Eropa 2016) dapat membantu. Turnamen ini dapat menyatukan seluruh benua karena dibuat untuk seluruh dunia," tutur mantan penyerang Arsenal tersebut. 

Prancis sempat beruji coba dengan Inggris beberapa hari setelah terjadi serangan bersenjata di Paris. Henry pun mengaku terkesan dengan atmosfer pertandingan tersebut dan berharap bisa kembali terulang saat pagelaran Piala Eropa berlangsung pada Juni mendatang. 

"Reaksi suporter Inggris sangat luar biasa. Saya tidak pernah berpikir bisa melihat Anda semua menyanyikan lagu nasional kami. Hal tersebut sangat luar biasa dan itulah yang dinamakan sepak bola. Saya tahu beberapa orang berbicara mengenai uang dan para pemain tidak peduli hal tersebut," kata Henry. 

"Ketika Anda melihat apa yang terjadi di sana benar-benar hanya ada kepedulian. Kami semua akan berdoa tidak terjadi apa-apa di ajang Piala Eropa dan jika demikian kami akan sukses menggelar turnamen tersebut," ia menambahkan.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer