Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Bogdan Stancu

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Rumania, Anghel Iordanescu sudah mencoba sederet penyerang untuk mengisi posisi penggempur kala berlaga di ajang Piala Eropa 2016. Sayang, tak ada yang mampu memuaskan hati sang legenda hidup.

Beruntung bagi Bogdan Stancu, karena sosoknya mampu tampil bagus di level klub sepanjang musim lalu. Berkostum tim asal Turki, Genclerbirligi ia bisa memikat hati Iordanescu.

Berlaga di Super Lig Turki, ia mampu menyelesaikan musim 2015-2016 dengan koleksi 10 gol, serta membawa timnya bertengger di papan tengah. Bekal tersebut membuatnya bisa menyingkirkan para pesaing untuk berebut satu kursi ke Euro 2016, seperti Ioan Hora, Raul Rusescu dan bomber yang berkarier di Dalian Yifang, Constantin Budescu.

Penampilan Stancu tergolong biasa saja, bahkan dalam beberapa faktor teknis masih kalah dari tiga penyerang lain, Denis Alibec, Claudiu Keșeru dan Florin Andone. Namun pelatih Iordanescu 'kesengsem' dengan determinasi tinggi untuk menutup kekurangan tersebut.

Aksi striker Rumania, Bogdan Stancu (kanan) saat berduel kontra Corry Evans (Irlandia Utara), pada laga kualifikasi Euro 2016 di Stadion Nasional Bucharest, Rumania (14/11/2014). Stancu menjadi andalan lini depan Rumania pada Euro 2016.  (EPA/Robert Gheme

Statistik Stancu sepanjang musim lalu juga tak menonjol. Selain 10 gol, ia hanya mampu menuai 1,7 tembakan per pertandingan dengan akurasi umpan 74,1 persen. Nyatanya, situasi tersebut tak membuat Iordanescu berpaling.

Sang pelatih menganggap sosok Stancu bisa menjadi motivator di area depan, terutama kala timnya sedang tertekan. "Dia bisa memainkan corak berbeda, dan perjalanannya di timnas sejak junior, memberinya banyak benefit. Saya pikir Stancu, juga Razvan, akan menjadi kunci, dan saya harap juga begitu," sebut Iordanescu.

Modal lain Stancu adalah fleksbilitas di lapangan. Dia tak hanya sanggup beroperasi sebagai tukang gedor, melainkan juga lihati saat berposisi sebagai gelandang serang di tengah ataupun sayap kiri.

Peran multifungsi itupula yang membuat Stancu bisa membahayakan area pertahanan lawan. Pemilik postur 183 cm ini juga bakal menjadi pemain lubang yang tak bisa diterka arah pergerakan. Sisi itulah yang bakal memberi warna berbeda pada penampilan Timnas Rumania pada Piala Eropa 2016.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer