Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Marek Hamsik

Bola.com, Jakarta - Tak sulit menemukan bintang permainan Slovakia dalam beberapa tahun terakhir. Martin Skrtel merupakan kapten yang bermain di klub besar Inggris, Liverpool. Namun, pusat perhatian pada pagelaran Piala Eropa 2016 Prancis tentu tertuju kepada Marek Hamsik.

Hamsik sudah merasakan atmosfer sepak bola Eropa sejak berusia 17 tahun. Saat itu, Hamsik dibawa Brescia dari Slovan Bratislava untuk kemudian menimba ilmu sepak bola gaya Italia.

Hamsik kemudian pindah ke Napoli pada 2007 dan meraih kesuksesan di sana. Pada tahun itu pula, Hamsik pertama kali merasakan tampil untuk Slovakia saat menjalani debut melawan Polandia, 7 Februari 2007.

Sejak itu, Hamsik selalu menjadi pilihan utama lini tengah skuat Repre. Total, Hamsik telah bermain sebanyak 87 pertandingan dalam sembilan tahun karier internasionalnya bersama Slovakia.

Pemain berusia 28 tahun tersebut telah membukukan 17 gol pada level internasional. Lima gol di antaranya terbilang krusial karena tercipta pada putaran kualifikasi Piala Eropa 2016.

Hamsik mendapat tugas menjadi wakil kapten Slovakia di bawah asuhan Jan Kozak. "Hamsik merupakan pemain yang lebih dewasa saat ini," jelas Kozak, yang juga menilai anak asuhnya itu adalah salah satu tipe gelandang sepak bola modern.

 

Bintang tim nasional Slowakia, Marek Hamsik. (AFP/John Thys).

Video Populer

Foto Populer