Sukses


Jelang Prancis Vs Rumania: Beda Modal Duel Pembuka

Bola.com, Paris - Prancis kontra Rumania menjadi laga pembuka putaran final Piala Eropa 2016. Kedua tim tak ingin kehilangan momentum, dan mengejar hasil maksimal di Stade de France, Jumat (10/6/2016) atau Sabtu (11/6/2016) dini hari WIB.

Asiknya, mereka memiliki modal berbeda, yang memberi jaminan pertandingan bakal berlangsung sengit. Bagi tuan rumah, tiga angka bakal menggairahkan masyarakat Prancis, yang masih diterpa isu gangguan keamanan.

Prancis punya kans besar untuk menuai tiga angka. Secara statistik, Les Blues punya tradisi lebih baik dibanding Rumania. Armada Didier Deschamps tak terkalahkan dalam 10 partai terakhir kontra Rumania, dengan lima menang dan lima seri.

Titik yang perlu diwaspadai adalah catatan empat dari lima partai terakhir berujung hasil seri. Kemenangan terakhir Rumania atas Prancis terjadi pada April 1972, pada laga persahabatan internasional di Bucharest. Saat itu, tuan rumah unggul 2-0.

Sedangkan kemenangan pertama Rumania di markas Prancis terjadi pada Maret 1967. Saat itu, tim asal Eropa Timur tersebut unggul 2-1 di Stadion Parc des Princes. Sayang, setelah itu tim berjuluk Tricolorii ini mengalami 5 kekalahan dalam tujuh laga tandang di Prancis, dan hanya hanya mencetak dua gol.

Kondisi Rumania semakin minor, karena Prancis menuai sekali menang dan belum kalah dari tiga perjumpaan pada fase grup Euro. Satu-satunya kemenangan tim Ayam Jantan terjadi pada Euro 1996 dengan skor 1-0.

Modal Prancis semakin kuat. Mereka mampu menuai enam kemenangan dan sekali seri dari tujuh laga bersifat turnamen di Stade de France, baik itu Piala Dunia maupun Piala Konfederasi

"Laga kontra Rumania tak akan mudah karena pasukanku merasakan tekanan dari ekspektasi masyarakat Prancis. Namun setelah mencoba lapangan, semua tekanan itu akan menjadi spirit, dan Rumania tak akan bergerak bebas di Stade de France," ancam Deschamps, di France Football.

Catatan negatif Rumania terjadi saat mereka hanya sekali menang dalam 8 laga terakhir di pentas turnamen Eropa. Satu-satunya hasil maksimal tersebut terjadi pada 15 Juni 2012, saat menang 2-0 atas Ukraina. Setelah itu, Prancis mencatat dua seri dan lima kalah.

Paul Pogba dkk juga gagal mencetak gol pada lima dari delapan laga di putaran final Piala Eropa. "Bersua tuan rumah memiliki keuntungan dan sisi negatif. Sekarang, kami akan memanfaatkan situasi positif, yakni tekanan dari audiens untuk skuat tuan rumah. Setelah itu, kami akan melihat kondisi di lapangan," sebut Anghel Iordanescu, Pelatih Rumania.

Iordanescu layak percaya diri, karena mereka tercatat sebagai tim dengan catatan pertahanan terbaik sepanjang fase kualifikasi. Vlad ChiricheČ™ dkk hanya kebobolan dua gol dalam 10 partai.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer