Sukses


6 Fakta Unik Dibalik Keberhasilan Prancis Kalahkan Rumania

Bola.com, Saint Denis - Prancis memetik kemenangan 2-1 atas Rumania dalam laga pembuka Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade de France, Sabtu (11/6/2016) dini hari WIB. Hasil positif ini membuat langkah Les Blues lolos ke 16 besar terbuka lebar.

Bermain di hadapan publik sendiri, Prancis tampil percaya diri. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, skuat asuhan Didier Deschamps itu mencatatkan 59 persen penguasaan bola berbanding 41 persen milik Rumania.

Selain itu, Prancis juga memperoleh lima peluang bagus dari 14 kesempatan. Sedangkan Rumania melepaskan 10 tembakan di mana hanya dua yang mengarah ke gawang.

Meski unggul dalam segala hal, Prancis baru mampu membuka keunggulan pada menit ke-57. Umpan silang Dimitri Payet berhasil dikonversikan Olivier Giroud menjadi gol dengan sundulan.

Namun, tim tamu sukses menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Nicolae Stanciu pada menit ke-64. Rumania mendapatkan hadiah sepakan 12 pas setelah Stanciu dijatuhkan Patrice Evra di kotak terlarang.

Satu menit jelang waktu normal berhakhir, Payet menjadi pahlawan bagi Prancis. Bola hasil sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti menghujam pojok kiri atas gawang Rumania. Hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Prancis tetap bertahan.

Hasil positif ini membuat Prancis untuk sementara berada di puncak Grup A dengan mendulang tiga poin. Sementara itu, Rumania menempati dasar grup dengan nilai nol. Pada laga selanjutnya, Prancis akan bertemu Albania, Rabu (15/6/2016), sedangkan Rumania berhadapan dengan Swiss pada hari yang sama.

Berikut ini enam fakta menarik laga Prancis kontra Rumania:

1. Prancis menjadi negara tuan rumah kelima yang meraih kemenangan pada laga pembuka Piala Eropa, setelah Spanyol pada 1964, Belgia dan Belanda pada 2000, dan Ukraina pada 2012. Prancis juga sukses memetik kemenangan pada pertandingan pembuka saat menjadi tuan rumah Piala Eropa 1984.

2. Dimitri Payet adalah pemain West ham ketiga yang mencetak gol di Piala Eropa setelah Geoff Hurst (timnas Inggris) pada 1968 dan Trevor Brooking (timnas Inggris) pada 1980.

3. Empat dari enam pertandingan pembuka terakhir di Piala Eropa, tuan rumah selalu kebobolan melalui titik putih.

4. Olivier Giroud menjadi pemain asal Prancis kedua yang mencetak gol perdana pada laga pembuka Piala Eropa, setelah sebelumnya dilakukan oleh Michel Platini pada 1984. Pada Piala Eropa 1984, Platini berhasil mencetak sembilan gol.

5. Rumania kebobolan dua gol ketika menghadapi Prancis pada laga pembuka Piala Eropa 2016. Itu adalah jumlah yang sama ketika mereka menjalani 10 pertandingan pada fase kualifikasi.

6. Kingsley Coman menjadi pemain termuda timnas Prancis yang tampil di turnamen resmi dengan usia 19 tahun dan 362 hari.

Sumber: Gracenote Live, Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer