Sukses


Bikin Onar di Marseille, Hooligan Bawa Isu Politik Inggris

Bola.com, Marseille - Para suporter Inggris dikabarkan sempat menyinggung isu Brexit (pemisahan Inggris dari Uni Eropa) ketika membuat onar, di Marseille, Jumat (10/6/20106). Aksi tersebut dilakukan menjelang laga Grup B Piala Eropa antara Inggris melawan Rusia, di Stade Veledrome, Sabtu (11/6/2016). 

Masalah Referendum Inggris menjadi kian hangat setelah David Cameron memenangi pemilihan umum, 7 Mei lalu. Pada 23 Juni, isu itu akan dibahas dalam baris ketujuh pernyataan bersama menteri keuangan negara-negara terbesar dunia dalam bidang ekonomi atau Kelompok 20 (G-20).

Salah satu penyebab kemunculan Brexit ditengarai karena setiap pekan Inggris harus membayar 350 juta pounds agar tetap menjadi anggota Uni Eropa. Pro-kontra pun muncul karena ada kekhawatiran Brexit akan mengguncang perekonomian dunia, mengacu terhadap peran besar Inggris di Eropa. 

The Guardian melaporkan, beberapa suporter Inggris sempat menyuarakan dukungan untuk keluar dari Uni Eropa ketika bentrok dengan kepolisian Marseille. Awalnya, hooligans terlibat pertikaian dengan pemuda setempat, sebelum petugas keamanan datang melerai. 

Dalam video serta foto yang diabadikan media-media setempat, puluhan suporter Inggris terlihat menghancurkan beberapa properti cafe-cafe di sekitar wilayah pelabuhan Marseille. Beberapa flare bercampur aduk dengan gas air mata polisi pun mewarnai kerusuhan tersebut. 

Inggris tergabung di Grup B Piala Eropa 2016 bersama Wales dan Slovakia. Setelah melawan Rusia, Wayne Rooney dan kawan-kawan bakal menghadapi Wales pada 16 Juni, di Stade Bollaert-Delelis, Lens, dan Slovakia pada 20 Juni, di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne.

Sumber: The Guardian

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer