Sukses


Schweinsteiger Cetak Gol, Jerman Tundukkan Ukraina

Bola.com, Lille - Bastian Schweinsteiger berhasil mencetak satu gol sekaligus membawa Jerman meraih kemenangan 2-0 atas Ukraina pada laga pertama Grup C Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade Pierre-Mauroy, Senin (13/6/2016) dini hari WIB.

Schweinsteiger yang baru pulih dari cedera lutut berhasil membobol gawang Ukraina pada menit ke-90+2. Sementara itu, satu gol Jerman lainnya dicetak Shkodran Mustafi menit ke-19.

Kemenangan ini membuat Jerman untuk sementara bercokol di puncak Grup C dengan mendulang tiga poin. Sedangkan Ukraina menempati dasar grup dengan tak memiliki satu poin pun.

Begitu peluit babak pertama dibunyikan, Jerman langsung mengambil inisiatif serangan. Tetapi, justru Ukraina yang lebih dulu mendapatkan peluang mencetak gol pada menit ke-4. Bola hasil tembakan kaki kanan Yevhen Konoplyanka dari luar kotak penalti nyaris berbuah gol andai tak digagalkan Manuel Neuer.

Masuk menit ke-19, Jerman mampu unggul lebih dulu. Berawal dari eksekusi tendangan bebas Toni Kroos, bola langsung disambar Shkodran Mustafi dengan sundulan. Si kulit bundar pun meluncur deras masuk ke dalam gawang Ukraina yang dikawal Andriy Pyatov.

Pada menit ke-27, Ukraina memperoleh kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Tetapi, bola hasil sundulan Yevhen Khacheridi yang menyambut umpan sepak pojok Konoplyanka sukses ditepis Neuer dengan satu tangan.

Ukraina kembali nyaris membobol gawang Jerman pada menit ke-38. Menerima umpan dari Andriy Yarmolenko, Konoplyanka melepaskan sepakan kaki kiri. Sayang, bola hasil tembakan Konoplyanka dihalau oleh Jerome Boateng tepat sebelum melewati garis gawang

Lima menit jelang turun minum, Ukraina mencetak gol melalui sontekan Yarmolenko dari muka gawang. Namun, gol Yarmolenko dianulir wasit karena Artem Fedetskyy yang mengirimkan umpan berada dalam posisi offside saat menyambut assist dari Konoplyanka. Hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Jerman tetap bertahan.

Jerman tampil menekan begitu babak kedua dimulai. Julian Draxler memperoleh peluang menggandakan keunggulan Die Mannschaft pada menit ke-48. Upaya Draxler gagal membuahkan hasil setelah bola hasil sepakan kaki kanannya dapat dibendung kiper.

Yaroslav Rakitskiy berpeluang membawa Ukraina menyamakan kedudukan pada menit ke-57. Tetapi, eksekusi tendangan bebas Rakitskiy dapat dibendung oleh Neuer.

Jerman terus melancarkan serangan ke pertahanan Ukraina. Bastian Schweinsteiger yang masuk ke lapangan pada menit ke-90 menggantikan Mario Gotze, sukses menggandakan keunggulan Nationalelf pada menit ke-90+2.

Berawal dari serangan balik, Mesut Ozil mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti. Schweinsteiger yang tak mendapatkan pengawalan berarti berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Ukraina dengan tendangan kaki kanan. Sampai laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan Jerman tetap bertahan.

Susunan pemain:
Jerman: 1-Manuel Neuer; 2-Shkodran Mustafi, 17-Jerome Boateng, 3-Jonas Hector, 4-Benedikt Howedes; 18-Toni Kroos, 6-Sami Khedira; 19-Mario Gotze (7-Bastian Schweinsteiger 90'), 8-Mesut Ozil, 11-Julian Draxler (9-Andre Schurrle 78'); 13-Thomas Muller.

Pelatih: Joachim Low (Jerman)

Ukraina: 12-Andriy Pyatov; 20-Yaroslav Rakitskiy, 3-Yevhen Khacheridi, 13-Viacheslav Shevchuk, 17-Artem Fedetskyy; 6-Taras Stepanenko, 16-Sergiy Sydorchuk; 8-Roman Zozulya (11-Evgen Seleznyov 66'), 10-Yevhen Konoplyanka, 9-Viktor Kovalenko (21-Alexander Zinchenko 74'); 7-Andriy Yarmolenko.

Pelatih: Mikhail Fomenko (Ukraina)

Wasit: Martin Atkinson (Inggris)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer