Sukses


Jelang Spanyol Vs Ceska: Jaga Rekor, Matador!

Bola.com, Toulouse - Spanyol bakal memulai jalan untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa kala bersua Ceska, pada partai perdana Grup D Piala Eropa 2016, di Stadion Municipal, Toulouse, Minggu (13/6/2016) malam ini. Beberapa modal meraka miliki, termasuk catatan ampuh di zona pertahanan.

Seperti dirilis Sport.es, bek Timnas Spanyol, Gerard Pique mengungkapkan,timnya bakal berusaha untuk tak kebobolan. "Artinya, kami akan terus menekan, tampil dominan lalu mencetak skor. Pengalaman pahit pada Piala Dunia 2014 memberi kami banyak pelajaran," tukas bek asal klub Barcelona tersebut.

Ucapan Pique merujuk pada penampilan berantakan Spanyol di Brasil 2014. Mereka bak tim amatiran kala bersua Belanda dan Cile. Menurut eks bek Manchester United tersebut, kali ini timnya bakal tampil trengginas tanpa melupakan unsur pertahanan.

Beberapa fakta menjurus pada benefit yang bakal dirasakan Spanyol. Mereka tak terkalahkan dalam empat pertemuan kontra Ceska. Dominasi itu terlihat saat menuai kemenangan dalam tiga perjumpaan terakhir.

Ceska hanya mencetak satu gol dalam empat laga terakhir kontra Spanyol, dan itu terjadi pada Maret 2011 via aksi Jaroslav Plasil. La Furia Roja berstatus tak terkalahkan dalam 12 laga di pentas Piala Eropa, dengan 9 menang dan 3 seri.

Rangkaian tersebut sekaligus menjadi catatan terpanjang dalam sejarah turnamen antarnegara se-Eropa tersebut. Kekalahan terakhir saat mereka bersua Portugal pada Juni 2004 dengan skor 0-1.

Seperti dikatakan Gerard Pique, kekuatan mereka juga terletak pada soliditas lini belakang. Tercatat, Spanyol hanya kebobolan satu gol pada 9 laga terakhir pada ajang Piala Eropa. Striker Italia, Antonio Di Natale menjadi satu-satunya pemain yang sanggup merobek jala Spanyol, yakni pada 10 Juni 2012.

Bekal lainnya adalah tak kebobolan dalam 510 menit di kancah turnamen Piala Eropa. Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque berharap, konsistensi dan kekuatan lini pertahanan bisa menjadi kunci agar mereka tak lagi membawa modal buruk pada laga perdana.

Semua itu berbanding terbalik dengan apa yang dibawa Ceska. Setidaknya, pada lini pertahanan terlihat keropos. Sepanjang kualifikasi Euro 2016, jala negara asal Eropa Timur tersebut kebobolan 14 gol.

Pelatih Ceska, Pavel Vrba mengaku sudah menyiapkan lebih detil terkait apa yang harus mereka perbuat untuk mendobrak sistem penguasaan bola Spanyol. "Ini laga yang sangat ketat, dan kami sudah mempelajari apa yang akan dilakukan saat memutar bola di antara kaki lawan," tegasnya.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer