Sukses


Pique Cetak Gol, Spanyol Taklukkan Republik Ceska

Bola.com, Toulouse - Spanyol meraih kemenangan tipis 1-0 melawan Republik Ceska pada laga pembuka fase Grup D Piala Eropa 2016, Senin (13/6/2016) malam WIB. Gol penentu kemenangan La Furia Roja dicetak oleh Gerard Pique pada menit ke-87.

Kemenangan ini membuat Spanyol memuncaki klasemen sementara dengan raihan 3 poin. Tim asuhan Vicente Del Bosque mengoleksi poin sama dengan Kroasia yang sebelumnya meraih kemenangan 1-0 melawan Turki.

Bermain di Stadion Municipal, Toulouse, Republik Ceska bermain menekan sejak awal laga. Peluang pertama pun datang melalui Tomas Sivok pada menit ketiga yang masih bisa diblok oleh kiper Spanyol kawalan David de Gea.

Spanyol baru meraih peluang pada menit ke-16 melalui aksi Alvaro Morata. Namun, bola tembakan kaki kanannya berhasil dijinakkan oleh kiper Ceska kawalan Petr Cech.

Selepas peluang yang terbuang itu, Morata kembali menebar ancaman di depan gawang Ceska pada menit ke-29. Namun, Cech lagi-lagi tampil apik dengan menyelamatkan bola yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang Ceska.

Gawang Cech kembali terancam pada menit ke-40. Kali ini melalui Jordi Alba yang melepaskan tembakan kaki kiri. Sayangnya, bola sepakan Alba berhasil ditepis oleh Cech.

Memasuki paruh kedua laga tepatnya pada menit ke-47, Spanyol semakin gencar melancarkan serangan. Cesch Fabregas melepaskan umpan silang yang diselesaikan dengan tandukan oleh Morata. Namun, tandukan Morata masih bisa ditepis oleh Cech.

Keasyikan menyerang justru gawang Spanyol hampir kebobolan pada menit ke-65 . Berawal dari sepak pojok, bol disundul ke tiang jauh oleh Gebre Selassie, namun mampu diselamatkan Cesc Fabregas.

Rapatnya pertahanan Ceska membuat Spanyol frustrasi. Dua peluang dari David Silva pada menit ke-73 dan Aritz Aduriz pada menit ke-79 belum mengubah keadaan. Sepakan Silva masih melebar di sisi gawang Cech, begitu pula dengan tandukan Aduriz yang belum tepat sasaran.

Gol yang ditunggu Spanyol akhirnya tercipta pada menit ke-87 melalui aksi Gerard Pique. Iniesta melepaskan umpan silang dan diselesaikan dengan tandukan oleh Pique yang membuat bola bersarang disudut kiri bawah gawang Cech.

Memasuki menit 90+2, Ceska nyaris mencetak gol penyama kedudukan. Namun, sepakan Vladimir Darida masih bisa ditepis oleh De Gea. Hingga laga usai, tak ada lagi gol tambahan.

Menurut statistik UEFA, sepanjang pertandingan Spanyol tampil dominan dengan memiliki 67 persen penguasaan bola. La Furia Roja tercatat melepaskan 17 peluang yang lima di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Ceska hanya mendapatkan tujuh peluang yang satu di antaranya akurat.

Setelah laga ini, Ceska akan menjajal kekuatan Kroasia di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Étienne pada Jumat (17/6/2016) malam WIB. Sedangkan Spanyol akan menghadapi Turki di Stadion Allianz Riviera pada Jumat (17/6/2016) atau Sabtu dini hari WIB.

Susunan pemain

Spanyol: 13-David De Gea, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 16-Juanfran, 5-Sergio Busquets, 6-Andres Iniesta, 10-Cesc Fabregas (14-Thiago Alcantara 69'), 7-Alvaro Morata (20-Aritz Aduriz 62'), 22-Nolito (11-Pedro 81'), 21-David Silva
Pelatih: Vicente del Bosque (Spanyol)

Republik Ceska: 1-Petr Cech, 5-Roman Hubnik, 6-Tomas Sivok, 8-David Limbersky, 2-Pavel Kaderabek, 10-Tomas Rosicky (15-David Pavelka 88'), 13-Jaroslav Plasil, 22-Vladimir Darida, 7-Tomas Necid (21-David Lafata 75'), 19-Ladislav Krejci, 4-Theodor Gebre Selassie (18-Josef Sural 86')
Pelatih: Pavel Vrba (Republik Ceska)

Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)

Video Prediksi Piala Super Eropa Bayern Munchen Vs Sevilla

Video Populer

Foto Populer